Senin 14 Nov 2022 06:04 WIB

5 Buah yang Harus Dikonsumsi agar Tetap Terhidrasi

Air putih dan buah-buahan tertentu membantu tubuh tetap terhidrasi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Semangka. Semangka mengandung 96 persen air yang membuat tubuh tetap terhidrasi.
Foto: Boldsky
Semangka. Semangka mengandung 96 persen air yang membuat tubuh tetap terhidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral dan enzim. Selain itu, ada juga  buah-buahan yang tinggi kandungan air yang membuat tubuh tetap terhidrasi.

Dilansir dari foodndtv, hidrasi adalah salah satu aspek utama menjadi sehat dan bugar. Semua pasti sepakat, jika minum air putih yang cukup adalah syarat untuk terus terhidrasi. Namun, kadang kala seseorang lupa atau lalai minum air putih yang cukup.

Baca Juga

Kurangnya hidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, kelelahan, tekanan darah rendah, masalah kulit dan banyak lagi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu semua organ berfungsi dengan baik dan juga membantu melepaskan racun dari tubuh.

Jadi, konsumsi air putih sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan. Anda juga dapat memberikan tubuh Anda hidrasi yang dibutuhkan melalui buah-buahan juga.

Berikut lima buah yang harus Anda konsumsi agar tetap terhidrasi yaitu :

Apel

Apel mengandung hampir 86 persen air. Oleh karena itu, apel merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi untuk menambah hidrasi pada tubuh Anda. Apel tidak hanya enak, mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu kesehatan jantung. Sertakan apel sebagai bagian dari sarapan Anda atau kunyah sebagai camilan. Cara ini akan membantu Anda menjaga kadar air tetap terkendali.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang mengandung air yang paling populer. Semangka mengandung 96 persen air. Semangka adalah buah favorit selama musim panas untuk memuaskan dahaga.

Selain kaya akan kandungan air, semangka mengandung vitamin A dan C yang merupakan vitamin esensial bagi tubuh. Selain itu, semangka rendah kalori menjadikannya camilan yang sempurna untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan penurunan berat badan. Smoothie semangka bisa menjadi pilihan sarapan yang luar biasa yang akan membuat Anda kenyang dan juga akan menjadi alternatif yang sempurna untuk air putih.

Pepaya

Mengandung 88 persen air, pepaya adalah sumber air yang sangat baik untuk tubuh. Pepaya juga dilengkapi dengan kebaikan vitamin C, A, E dan antioksidan. Konsumsi pepaya secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan jantung, melawan peradangan dan membantu pencernaan. 

Jeruk

Jeruk penuh dengan manfaat kesehatan dan salah satunya harus memberikan hidrasi bagi tubuh karena kandungan airnya yang tinggi. Sumber vitamin C dan potasium yang sangat kuat, jeruk sangat bagus untuk membangun sistem kekebalan yang kuat.

Jeruk juga membantu mendapatkan kulit yang bersih dan cerah. Makanlah sebagai camilan sore atau peras jeruk untuk jus yang menyegarkan untuk mendapatkan manfaat jeruk yang maksimal.

Stroberi

Stroberi mengandung 91 persen air. Buah-buahan lezat ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Stroberi mengandung serat, mangan, vitamin C dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Lantaran stroberi tinggi serat, buah ini baik untuk membantu pencernaan. Stroberi juga mencegah peradangan yang selanjutnya dapat melindungi Anda dari risiko jantung. Buat smoothie stroberi yang lezat atau tambahkan ke salad Anda, dan nikmati manfaat kesehatan dari stroberi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement