Kamis 23 Jun 2016 11:25 WIB

Resep Membuat Saus Tomat Segar

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Membuat sendiri saus tomat
Foto: Thekitchn
Membuat sendiri saus tomat

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin membuat saus tomat segar sendiri di rumah? Masih bingung cara membuatnya? Jangan khawatir ini dia resep membuat saus tomat segar yang dilansir dari laman The Kitchn. Resep ini bisa menghasilkan saos tomat sekitar setengah liter.

Bahan :

15 pon tomat matang

1/4 sampai setengah cangkir jus lemon atau cuka

Dua sendok teh garam

Perlengkapan :

1. 6,5 sampai satu quart (ukuran sebanyak 0,9463 liter) atau oven dutch besar atau stockpot

2. Mangkok pencampur

3. Sendok untuk memasukkan

4. Pisau dan papan untuk memotong atau talenan

5. Food processor atau blender

6. Toples untuk mengalengkan atau kontaner untuk mendinginkan

Cara membuat :

1. Didihkan satu panci air dan siapkan air es. Bawa oven dutch besar atau stockpot air untuk dididihkan dengan panas tinggi. Isi mangkung pencampur dengan es dan air dan atur langkah ini di atas kompor.

2. Siapkan tomat, buang batang dari tomat dan iris tipis hingga membuat huruf 'X' di dasar masing-masing buah.

3. Masukkan tomat ke dalam air yang mendidih. Masak sampai Anda melihat kulitnya mulai mengkerut dan sobek, 45 sampai 60 detik, kemudian angkat tomat keluar dengan sendok dan celupkan ke dalam air es. Lanjutkan dengan sisa tomat, pindahkan tomat dingin dari air es ke mangkok pencampur lainnya selagi dingin.

4. Kupas kulit dari tomat, buang air yang sudah digunkan untuk merebus tomat.

5. Cincang kasar tomat lalu masukan ke dalam food processor. Proses selama beberapa waktu untuk saus yang lebih menggumpal. Atau proses sampai lembut untuk saus yang lebih lembut. Pindahkan amsing-masing tomay yang sudah hancur ke dalam dutch oven atau stockpot. Pilihan lainnya, cincang tomat dengan tangan. Proses melalui  penggiling makanan untuk saus yang lebih lembut. Untuk saus yang sangat menggumpal, langkahi langkah ini keseluruhan dan biarkan tomat hancur sendiri saat dimasak.

6. Didihkan perlahan tomat yang sudah hancur tadi perlahan dengan api sedang. Lanjutkan didihkan perlahan selama 30 sampai 90 menit, aduk sesekali, sampai saus mencapai rasa yang mantap dan Anda suka.

7. Tambahkan air perasan lemon dan garam, ketika selesai memasak, aduk di jus lemon atau cuka dan garam. Seperempat cangkir dibutuhkan untuk memasatikan tingkat keamanan untuk dikalengkan. Tambahkan lemon jus atau cuka lebih banyak.

8. Pilihan pengawetan cara pertama, bekukan saus, biarkan saus dingin, kemudian pindahkan ke dalam freezer container atau kantong freezer. Saus dapat tetap beku untuk paling tidak tiga bulan.

9. Pilihan pengawetan cara kedua, kalengkan saus dengan cara pindahkan saus panas ke dalam toples kaleng yang steril. Tutup dengan yang baru, tutup yang steril dan sekrup pada cincin sampai ketat. Masukkan toples ke dalam sebuah pot air panas selama 30 menit. Biarkan dingin sempurna di dalam counter, jika tutup tidak tertutup rapat, tutup akan membalik dan membentuk sebuah ruang hampa yang rapat. Masukkan ke kulkas saus dan gunakan selama seminggu atau bekukan dan bertahan sampai tiga bulan. Saus tomat kalengan bisa disimpan di pantri paling tidak setahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement