Jumat 11 Aug 2023 19:39 WIB

Makanan Terburuk yang Pengaruhi Kesehatan Gigi, Ada yang tak Disangka-sangka

Beberapa makanan tertentu yang dapat merusak gigi dan berpotensi mengikis enamel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sepiring spageti dengan saus pasta mengandung tomat di atasnya. Tak disangka, saus pasta yang mengandung tomat dapat menganggu kesehatan gigi. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Sepiring spageti dengan saus pasta mengandung tomat di atasnya. Tak disangka, saus pasta yang mengandung tomat dapat menganggu kesehatan gigi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kesehatan mulut termasuk memicu perubahan warna gigi, membuat gigi rentan berlubang, dan merusak gusi. Itu sebabnya dokter gigi selebritas Richard Marques menyarankan agar lebih cermat memilih apa yang dikonsumsi.

Marques yang berspesialisasi dalam kedokteran gigi umum, kebersihan mulut, dan pemutihan gigi memperingatkan makanan tertentu yang dapat merusak gigi dan berpotensi mengikis enamel. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari laman My London, Jumat (11/8/2023):

Baca Juga

1. Saus pasta yang mengandung tomat

Tak disangka, saus botolan ini ternyata dapat merusak gigi karena kombinasi sifatnya yang sangat asam dan kandungan gula tinggi. Efek buruknya termasuk mengikis enamel gigi, menyebabkan pembusukan gigi, juga dapat menodai atau menghitamkan gigi jika dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu lama.

2. Buah kering

Mirip dengan permen yang lengket, tekstur buah kering dapat merusak gigi. Gula yang dikandung buah-buahan kering cenderung bertahan lebih lama di gigi, membuat enamel rentan rusak. Berbeda dengan buah segar, buah kering tidak mengandung air sehingga gula tidak bisa larut secara organik.

3. Keripik

Keripik dapat merusak gigi dan gusi karena sifatnya yang tajam, selain sangat mudah terperangkap dan tersangkut di ruang antara gigi dan gusi. Saat sisa keripik terjebak, pati di dalam keripik bisa berubah menjadi gula dan karbohidrat tingkat tinggi menjadi makanan yang enak bagi bakteri penyebab gigi berlubang.

Marques menjelaskan, tidak perlu serta-merta berhenti menyantap deretan makanan itu. Namun, ada hal yang harus dilakukan setelah mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, yakni segera berkumur dengan air. Bisa juga dengan minum air di sela-sela waktu makan.

Jangan langsung menyikat gigi setelah makan agar gula tidak masuk lebih jauh ke sela gigi. Paling tidak, tunggu minimal 60 menit untuk menggosok gigi. Sebagai penambah efektivitas pembersihan, gunakan obat kumur dan benang gigi untuk menyingkirkan sisa makanan.

Ada beberapa makanan yang disebut Marques baik untuk gigi di antaranya keju, susu, dan yoghurt karena tinggi kalsium. "Produk susu juga mengandung fosfor yang merupakan sifat penguat enamel. Ini sangat penting karena setelah rusak atau terkikis, tidak dapat tumbuh kembali," kata Marques.

Makanan lain yang dia sarankan adalah buah pisang karena tingkat keasamannya jauh lebih rendah dan punya khasiat bisa menguatkan gigi. Kulit pisang juga telah diidentifikasi sebagai cara alami untuk memutihkan gigi dengan vitamin dan mineral yang dikandungnya.

Bisa juga menyantap wortel dan seledri, yang bahkan sering dijuluki sebagai sikat gigi alami karena dapat memecah dan menghilangkan plak dari gigi. Mengonsumsinya secara rutin bisa menyelamatkan enamel dari kerusakan oleh plak. Kandungan airnya yang tinggi juga membantu membersihkan gigi, selain manfat baik karena kaya vitamin C, kalsium, dan keratin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement