Kamis 12 May 2016 09:20 WIB

Awas, Jangan Terjebak Membeli Ubu-ubur Palsu Cina

Ubur-ubur
Foto: EPA
Ubur-ubur

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Di Cina semua bisa dibuat. Kalau tidak jeli Anda bisa membawa pulang minyak jamur truffle palsu atau telur ikan alias kaviar palsu.

Baru-baru ini kepolisian Cina menyita ubur-ubur buatan manusia, menambah panjang deretan bahan makanan palsu yang diciptakan di Cina. Ubur-ubur adalah makanan populer di Cina. Biasanya hewan laut ini diacar dengan garam, garam, dan cuka.

Ubur-ubur palsu dibuat dari bahan kimia, pertama ditemukan di pasar di Huzhou, Zhejiang. Versi palsunya mengandung aluminium tinggi, konsumsi jangka panjang bisa membahayakan tulang dan syaraf. Bahkan memicu munculnya kehilangan memori dan penurunan kondisi mental.

Cina dikenal dengan beragam skandal di bisnis makanan. Kadang makanan palsu bisa terjadi karena ada dugaan kerja sama dengan pejabat yang korup.

Pemasok ubur-ubur palsu di daerah Jiangsu sempat menjual 10 ton sebelum ditangkap. Dari penjualan diestimasi mereka mendapat laba 170 ribu yuan. Sebanyak enam tersangka telah ditangkap dari dua penangkapan, dikutip Malay Mail Online.

(baca: Eric Kayser Kenalkan Beragam Roti Khas Prancis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement