Jumat 05 Aug 2016 10:28 WIB

Restoran di Hong Kong Sajikan Kreasi Dim Sum Unik

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Dim sum Kobito yang disajikan sebuah restoran di Hong Kong
Foto: Japantimes
Dim sum Kobito yang disajikan sebuah restoran di Hong Kong

REPUBLIKA.CO.ID, Ada yang berbeda dalam menu dim sum yang disajikan oleh Dim Sum Icon di Hong Kong. Dim Sum Icon menghadirkan kreasi dim sum yang tak hanya lezat tetapi juga bisa dimainkan oleh para pelanggannya.

Salah satu kreasi yang disajikan oleh Dim Sum Icon Hong Kong ialah dim sum dengan gambar karakter Kobito yang populer di Jepang. Tak hanya sekadar bergambar Kobito, dim sum tersebut juga dapat mengeluarkan filling krim kelapa dari bagian mulut Kobito ketika dipencet. Sebagian pengunjung menganggap kreasi tersebut lucu karena membuat karakter Kobito terlihat lebih jenaka.

Asisten Manajer Dim Sum Icon Hong Kong, Ray Kuo, mengatakan kreasi dim sum unik tersebut menjadi salah satu menu terlaris yang dijual oleh restorannya. Banyak pelanggan, Kuo mengatakan yang memberikan respons positif berkat kreasi dim sum mereka yang 'nyeleneh' bagi sebagian orang itu. "Dim sum itu yang paling banyak mereka unggah di Facebook dan Instagram," terang Kuo seperti dilansir Japan Times.

Tak hanya Kobito, Kuo mengatakan restorannya juga membuat kreasi dim sum dengan menggunakan karakter Gudetama, si telur malas yang juga populer di Jepang. Seperti Kobito, dim sum Gudetama juga dapat mengeluarkan filling ketika dimainkan sehingga mendapat julukan 'pooping' Gudetama.

Kou mengatakan kreasi-kreasi dim sum 'nyeleneh' mereka tidak akan terus sama. Setiap beberapa bulan sekali Dim Sum Icon akan mengganti tema kreasi dim sum mereka dengan tema-tema menarik lainnya.

Tujuan Dim Sum Icon membuat kreasi unik pada dim sum karena mereka tidak ingin menyajikan dim sum dengan cara kuno. Dim Sum Icon, lanjut Kuo, ingin menghadirkan dim sum yang lebih moderen dan 'gaya' untuk menarik perhatian pelanggan berusia muda. "Kami tidak ingin dim sum bergaya Cina tradisional kuno, kami ingin membuatnya lebih bergaya," ujar Kuo.

Selain itu, Kuo juga menekankan bahwa kreasi dim sum mereka tidak menyalahi hak cipta. Pihak Dim Sum Icon Hong Kong telah mengurus perizinan hak cipta untuk menggunakan karakter-karakter kartun terkenal asal Jepang tersebut.

Kreasi unik ini sukses membuat Dim Sum Icon Hong Kong mendapatkan perhatian dari banyak kalangan. Pelajar asal Belanda, Lineke Schrigver, mengatakan ia pertama kali mengetahui Dim Sum Icon melalui sosial media sebelum ia pergi ke Hong Kong.

Kala itu, Schrigver mengaku tidak menyadari bahwa Dim Sum Icon Hong Kong sangat terkenal dengan kreasi dim sum unik mereka. Setelah sampai di Hong Kong dan mengetahui kepopuleran Dim Sum Icon, Schrigver tergoda untuk datang langsung dan mencicipi dim sum unik yang ditawarkan Dim Sum Icon Hong Kong. "Makanannya lucu dan terasa sangat lezat," kata Schrigver.

Hal yang sama diungkapkan oleh turis asal Taiwan Miss SU. Su mengatkan saat pertama kali tiba di Hong Kong ia dan keluarganya langsung menyantap dim sum di sebuah restoran tradisional. Akan tetapi, ia dan keluarganya merasa kecewa dengan dim sum tersebut.

Kemudian Su mendatangi Dim Sum Icon yang terkenal dengan kreasi dim sum unik yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Selain memiliki tampilan yang menghibur, Su merasa puas karena rasa yang ditawarkan Dim Sum Icon sangat lezat. "Dim Sum ini benar-benar terasa lezat," jelas Su.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement