Selasa 09 Feb 2016 09:37 WIB

Berburu Mutiara Khas Lombok di Sekarbela

Penjual menunjukan perhiasan berupa mutiara air tawar yang dijual di sentra pusat perhiasan mutiara di Kawasan Sekarbela, Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Foto:
Mutiara merupakan salah satu produk unggulan dari Lombok, baik mutiara air laut maupun air tawar. Mutiara ini biasanya diaplikasikan untuk cincin, gelang, dan kalung. Harga mutiara tersebut ditawarkan dari harga Rp. 15 ribu hingga jutaan rupiah.

Mengenai warna dan corak, keemasan adalah  warna mutiara yang paling banyak dicari di Lombok. Mengapa? Karena warna ini cocok dipadukan dengan perhiasan emas.

Wardah yang sejak 1990-an sudah berjualan perhiasan di Sekarbela bertestimoni bahwa  mutiara khas Lombok terkenal karena emas, perak dan putihnya.

Tidak usah khawatir bila tidak cukup pandai memilih mutiara karena penjual di Sekarbela biasanya akan menawari mutiara yang sesuai dengan kantung pembeli. Kepada pembeli berkantong tebal, penjual biasanya mengarahkan mereka untuk membeli mutiara laut dalam berbagai pilihan warna.  Sebaliknya, bila pembeli segan merogoh kocek terlalu dalam, penjual akan menawari mutiara hasil budidaya kerang air tawar.

Toko-toko di Sekarbela juga menawarkan mutiara sintetis berharga mulai dari Rp 15 ribu per butir.

Sekarbela dikenal sebagai sentra mutiara di Mataram, namun umumnya yang berbelanja di sini adalah mereka yang menjual lagi perhiasan-perhiasaan itu. Sekarbela dapat dicapai dari pusat kota Mataram hanya dalam waktu 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement