Senin 18 Jan 2016 10:05 WIB

Pesona Jembatan Layar Kembar di Inggris

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Jembatan layar kembar di Inggris
Foto: Amusingplanet
Jembatan layar kembar di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, Jembatan layar kembar menjadi salah satu pemandangan unik di Holes Bay, Inggris. Dengan bentuk yang menyerupai dua layar kapal pesiar, jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan pusat kota Poole, Dorset menuju Hamworthy.

Bentuk dua layar kapal pesiar ini sebenarnya dapat terlihat saat jembatan terangkat. Seperti diketahui, jembatan harus diangkat setiap kali ada kapal yang akan melewati sungai di bawahnya.

Ukuran dari dua layar itu masing-masingnya adalah 23 meter. Setidaknya, 15 kali dalam satu hari jembatan ini harus diangkat. Butuh waktu yang cukup singkat agar jembatan bisa terangkat dan kembali terbuka yaitu sekitar dua menit.

Jembatan ini dibangun sejak April 2012 lalu. Pada awalnya, jembatan penyebrangan yang rencananya ada di Holes Bay tidak dibentuk dengan konsep bisa terangkat. Namun, hal ini tidak mendapat persetujuan karena diyakini akan menimbulkan berbagai masalah, khususnya dalam sarana transportasi air.

Jembatan dirancang oleh arsitek Wilkinson Eyre. Biaya pembangunan jembatan Layar Kembar ini pun menghabiskan dana hingga 18,5 juta poundsterling. Tak sia-sia, jembatan ini pun memenangkan penghargaan dalam Arsitektur Lighting Design Award 2012 dalam kategori eksterior dan keaslian struktur, dikutip Amusingplanet Senin (18/1).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement