Sabtu 16 Jan 2016 10:19 WIB

Supaya Keluarga Besar Tetap Makan Sehat dengan Anggaran Pas

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Keluarga makan bersama (Ilustrasi)
Foto: Telegraph
Keluarga makan bersama (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan sehat tak harus mahal. Jika Anda memiliki anggota keluarga lebih dari empat orang, maka anggaran keluarga bisa membengkak.

Biasanya ibu rumah tangga akan memperketat budget untuk membeli bahan makanan, sehingga unsur sehatpun kerap terabaikan.

Sebagai ibu cerdas, Anda bisa membuat perencanaan yang matang. Anda bisa memasak di rumah untuk anggota keluarga tidak hanya lezat, bergizi, namun tetap murah. Berikut langkah-langkahnya, dilansir dari Livestrong, belum lama ini.

Pertama, belilah bahan makanan mentah dibandingkan bahan makanan olahan, misalnya daging, buah, dan sayuran segar yang lebih murah. Manfaatkan penjual buah dan sayuran ketimbang mengambil makanan beku, seperti saus tomat, sayuran kaleng, dan daging beku.

 

Kedua, siapkan makanan dalam porsi besar. Siapkan panci besar, seperti panci sup, semur, atau pasta. Masukkan setiap daging dan sayuran ke dalamnya. Jika ada sisa makanan, bekukan di dalam wadah kedap udara, seperti tupperware untuk persediaan makan berikutnya.

Ketiga, pertimbangkan menu-menu protein nonhewani, seperti kacang-kacangan, tahu, bunci, tempe, atau bahan kedelai lain. Bahan-bahan ini mengandung protein banyak selain daging, namun jauh lebih murah.

Keempat, jika memang ingin memasak makanan kaleng, ikan kaleng lebih tepat karena lebih murah dibanding ikan beku, seperti tuna dan salmon. Mereka mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Kelima, hindari membuang sisa makanan jika masih bisa didaur ulang. Mayo Clinic mencontohkan Anda bisa menghangatkan nasi sisa makan semalam untuk dimakan kembali. Sisa ayam panggang juga bisa dijadikan bahan sup atau salad.

Keenam, lengkapi semua bahan makanan di dalam lemari pendingin. Taruh semua bahan-bahan makanan di dalamnya sehingga Anda bisa berkreasi dengan banyak menu. Hindari membuang makanan sisa dan bekukan di dalam lemari pendingin sebagai gantinya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement