Senin 23 Nov 2015 09:10 WIB

Chef Uki Bagi Resep Sushi Salmon Bersaus Lemon Miso

Sushi kreasi Chef Slamet Basuki dari Umaku Sushi Resto, Salmon with Lemon Miso.
Foto: dok Edelman
Sushi kreasi Chef Slamet Basuki dari Umaku Sushi Resto, Salmon with Lemon Miso.

REPUBLIKA.CO.ID, Tak perlu jauh-jauh terbang ke Tokyo, Jepang, untuk bisa menikmati sushi kreasi Chef Slamet Basuki yang akrab disapa Uki. Perwakilan Indonesia untuk Global Sushi Challenge yang akan dihelat 25 November 2015 ini membagi salah satu resep sushinya untuk Anda buat sendiri di rumah.

Namanya, Salmon with Lemon Miso. Tapi jangan buru-buru bayangkan asamnya lemon dan intensnya miso yang terbuat dari kedelai. Tidak ada drama dalam jejak rasa sepotong sushi ini. Daging salmon berkualitas tetap menjadi juaranya, dengan sentuhan kesegaran dari campuran lemon dan miso.

Saus untuk sushi ini boleh dibilang sangat lembut. Menyajikannya ala sashimi pun bisa. Chef di Umaku Sushi Resto, Duren Tiga, Jaksel, ini menyelipkan potongan radish sprout di bagian tengan salmon lalu menggulungnya. Baru kemudian ia membalur sedikit saus lemon miso ke atas salmon.

Penasaran? Ini resepnya untuk Anda dari Chef Slamet Basuki. Saat menyantapnya ia menyarankan tidak menggunakan shoyu karena sudah mendapat rasa dari saus.

Resep saus:

30 gram Shiro Miso

10 gram gula halus

1 sendok makan perasan air lemon

Parutan kulit lemon sebagai aroma

Cara membuat:

Setelah menempelkan salmon ke atas nasi, teteskan saus lemon miso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement