Kamis 09 Feb 2017 14:34 WIB

Koki di Jepang Ciptakan Sushi yang Dibungkus Emas

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Sushi terbungkus emas.
Foto: ist
Sushi terbungkus emas.

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang koki sushi telah menciptakan sushi gulung keberuntungan dengan ditutup lapisan emas. Sushi ini dbuat dengan bahan-bahan kualitas premium yang berasal dari seluruh wilayah di Jepang.

Dilansir Fox News, warga Jepang baru-baru ini merayakan liburan tahunan, Setsubun.  Ini merupakan perayaan yang melibatkan anak-anak berteriak pada roh-roh jahat dan melemparkan kacang kedelai untuk menangkal kejahatan dan mendapat keberuntungan di tahun baru.

Dalam perayaan festival ini biasanya akan tersaji sushi gulung berukuran besar yang disebut ehomaki atau sushi gulung "keberuntungan"

Gulungan tradisional mengandung tujuh bahan, tujuh dianggap sebagai angka keberuntungan seluruh budaya Jepang. Untuk memakannya biasanya langsung dilahap keseluruhan atau setidaknya dalam suapan besar.

Tapi satu koki, yang bekerja di sebuah restoran di daerah Shinjuku, Tokyo, menciptakan sushi gulung yang berbeda. Mulai dari harganya yang mencapai 96 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1,2 juta per porsi, hingga isi sushi yang dibuat dengan 12 bahan berkualitas tinggi yang ditemukan di seluruh Jepang.

Semakin fantastis sebab sushi dibungkus rumput laut, kemudian ditutupi sepotong besar kertas daun emas yang dapat dimakan. Bagi para pecinta ikan sushi ini bagaikan "surga".  Gulungan sushi terdiri dari beragam bahan laut premium termasuk tuna, ikan buntal, cumi-cumi, kerang, belut, kepiting, ikan herring, salmon, ikan air tawar laut, kerapu, cumi-cumi, dan landak laut mentah.

Penulis makanan Seiji Nakazawa dari Jepang RocketNews24 cukup beruntung untuk mencicipi sushi langka ini. Menurutnya sushi tersebut berisi campuran megah beberapa makanan laut terbaik di seluruh Jepang. "Tak perlu bilang apapun itu sangat lezat," katanya.

Baca juga: Rahasia Langsing Sehat dari Orang Jepang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement