Kamis 20 Aug 2015 07:07 WIB

ASI Eksklusif Bantu Bayi Atasi Sakit Kuning

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Bayi dijemur di bawah sinar matahari
Foto: Google
Bayi dijemur di bawah sinar matahari

REPUBLIKA.CO.ID, Disadari atau tidak, banyak sekali manfaat dari pemberian ASI ekslusif pada bayi, salah satunya ialah mampu membantu mengatasi sakit kuning.

Namun, untuk seorang ibu yang baru melahirkan dan berstatus wanita karir, kewajibannya untuk memberi ASI eksklusif seringkali terabaikan.

Tak hanya mengatasi, pemberian ASI eksklusif hingga usia dua tahun juga ternyata mampu mencegah risiko terkena penyakit kuning, sebagaimana diutarakan oleh dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, spesialis anak dari Rumah Sakit Puri Cinere.

"Pemberian ASI yang teratur dapat menurunkan dan mencegah risiko bayi terkena penyakit kuning," ujar dr. Asti kepada ROL, belum lama ini.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada para Bunda menyusui untuk lebih memerhatikan gizi dalam mengkonsumsi makanan agar kandungan ASI-nya baik untuk bayi, mengingat ASI adalah makanan terbaik bagi bayi.

Asupan ASI tersebut mampu melancarkan proses pembuangan urine dan feses, sehingga bilirubin terbantu keluar dari tubuh. Anda bisa memberikan ASI kepada buah hati sebanyak 8 hingga 12 kali setiap 24 jam.

Sakit kuning adalah perubahan warna kuning pada bagian putih mata dan kulit sang bayi yang baru lahir. Warna kuning disebabkan karena darah bayi mengandung kelebihan bilirubin, yang merupakan pigmen berwarna kuning dari sel darah merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement