Jumat 22 May 2015 22:06 WIB

Lezatnya Olahan Jengger Ayam Tiada Duanya

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri
Olahan dari Jengger Ayam
Foto: Rocketnews24
Olahan dari Jengger Ayam

REPUBLIKA.CO.ID, JEPANG -- Hampir semua bagian tubuh ayam dapat menjadi bahan penganan karena memiliki kelezatannya masing-masing.

Mulai dari daging, hati, ampela, kepala, sampai ceker ayam, semua dapat dimasak menjadi makanan yang lezat dikonsumsi.

Meski begitu, ada salah satu dari bagian tubuh ayam yang jarang dimasak orang yakni bagian jengger. Namun di Jepang, jengger ayam bisa pula diolah menjadi makanan yang lezat seperti olahan ayam lainnya. Seperti apa olahan jengger ayam tersebut?

Dikutip dari laman Rocketnews24, Jumat (22/5) jengger ayam ternyata bisa diolah secara kreatif menjadi yakitori yang dipanggang dan dibumbui dengan garam, bisa juga diolah dengan sentuhan wasabi bahkan burger dan barbeque. Dan yang lebih ekstrim, jengger ayam ternyata juga bisa diolah menjadi nugget dan popcorn.

Lalu bagaimana dengan rasanya? Sebenarnya, jengger ayam tidak memiliki banyak rasa. Garam dan bawang putihlah yang kerap memberi rasa pada olahan jengger ayam.

Namun siapa sangka, beberapa netizen yang pernah merasakannya mengatakan bahwa jengger ayam memiliki rasa yang lezat dan renyah. Menurut pengakuan mereka, sensasi saat mengonsumsi jengger ayam seperti mengunyah jamur kuping karena teksturnya yang kenyal seperti agar-agar.

Meski tren olahan jengger ayam ini masih terbatas pada daerah di Asia saja atau negara-negara seperti Cina yang menggunakannya untuk sup kaldu dan semur atau disajikan dengan saus tiram, namun sebenarnya olahan jengger ayam sudah dimulai sejak abad ke-16 di Perancis. Ratu Catherine de Medici asal Italia yang menikah dengan raja Perancis diklaim sebagai orang yang pertama kali mempopulerkan masakan jengger.

Jika Anda masih belum yakin untuk mencoba olahan tersebut, nampaknya Anda perlu tahu bahwa ternyata jengger ayam diyakini dapat memberikan manfaat kosmetik. Asam hyaluronic yang dikandungnya ternyata baik untuk kejantanan serta membantu mencegah penuaan kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement