Rabu 08 Jul 2015 11:16 WIB

Ramen Berbentuk Onigiri? Seperti Apa Ya?

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ramen Onigiri
Foto: Rocketnews24
Ramen Onigiri

REPUBLIKA.CO.ID, HOKKAIDO -- Memakan ramen dengan mangkuk berisi kuah gurih menjadi satu bentuk ekspresi makanan terkenal di Jepang.

Ramen selalu mengacu pada negara matahari tersebut. Kali ini ramen ditemukan berbeda, bukan berada di dalam mangkok, tapi di genggaman tangan.

Onigiri merupakan makanan Jepang dengan bahan dasar nasi yang dibentuk segitiga dengan cara pembuatan dikepal-kepal seukuran kepalan tangan. Makanan ini begitu terkenal terutama bagi pengguna transportasi umum seperti kereta.

Makanan nasi kepal ini menjadi pilihan praktis dan tercepat saat merasakan lapar. Biasanya onigiri hanya berisi rumput laut sebagai pelapis luarnya saja, tapi kali ini NewDays mengeluarkan onigiri dengan ramen.

Toko penjual makanan NewDays yang mengutamakan penjualan onigiri memberikan dua rasa ramen berbeda, onigiri dengan campuran miso ramen dan onigiri kaldu kedelai. Kedua onigiri tersebut dibuat nama ramen Sapporo restoran Sumire yang memang populer, dilansir dari Rocketnews24, Selasa (7/7).

Kedua onigiri tersebut tidak memiliki keseluruhan elemen ramen, seperti mie. Pada onigiri kaldu kedelai akan ditemukan potongan chashu, dan irisan daging yang biasanya ada di atas gundukan mie ramen. Berasnya sendiri disiapakan dalam gaya gohan takkikomi dengan bumbu kaldu ramen kemudian dikukus. Menu ini dapat dibeli dengan harga 160 yen atau Rp 17.000.

Onigiri miso ramen terdiri dari nasi yang dibumbui dengan miso saat memasaknya, ada rasa pedas yang menyengat lidah. Nasi tersebut dibungkus rumput laut dan potongan miso yang didalamnya sudah diisi oleh potongan daging. Harga untuk satu porsi menu ini 153 yen atau Rp 16.000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement