Ahad 18 Jan 2015 08:14 WIB

Begini Cara Mengajarkan Anak Untuk Memasak

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Anak memasak (Ilustrasi)
Foto: Dailymail
Anak memasak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan anak memasak di dapur menjadikan mereka sosok mandiri. Dapur adalah tempat yang bagus untuk mulai mengembangkan keterampilan hidup mandiri anak-anak Anda. Memasak itu praktis, menyenangkan, dan Anda bisa menikmati hasil usaha Anda kemudian.

Banyak anak laki-laki suka memasak karena mereka suka berkreativitas dan bereksperimen. Karakteristik ini sesuai dengan gaya belajar banyak anak laki-laki, terutama mereka yang kesehariannya sudah banyak terjebak di belakang meja sekolah.

Apalagi anak perempuan. Anak perempuan sebaiknya bisa memasak sebab kelak mereka akan menjadi seorang ibu.

ROLers, berikut adalah cara awal mengajarkan anak-anak Anda memasak, dilansir dari Body and Soul, Ahad (18/1).

Beri mereka tujuan memasak

Anak-anak biasanya mau melakukan apa saja jika mereka punya tujuan khusus. Jadi, Anda bisa menyemangati anak Anda untuk belajar memasak demi menghidangkan teman-temannya makanan atau supaya mereka bisa menjadi chef junior untuk makan malam keluarga besar Anda. Mereka akan merasa baik jika mendapatkan pujian.

Biarkan mereka memilih

Prinsip membiarkan anak memilih apa yang ingin mereka pelajari dalam hal memasak sangat penting. Mintalah anak Anda untuk memilih menu makanan apa yang ingin mereka pelajari dan ajarkan mereka.

Nah, memasak merupakan cara bagus untuk membuat anak-anak Anda bebas berbicara dan berekspresi, sementara tangan-tangan mereka bisa sibuk dan bergerak lincah di dapur. Jadi, orang tua diasarankan untuk bahu membahu bersama untuk menyediakan waktu khusus ini dengan anak-anaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement