Rabu 26 Oct 2016 10:20 WIB

Masak Bersama Jadi Ajang Bonding Ortu-Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak membantu ibu memasak/ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Anak membantu ibu memasak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melibatkan anak dalam menyiapkan makanan mulai dari menyiapakan bahan, memasak hingga penyajian memberikan manfaat baik untuk anak. Selain membuat anak lebih bersemangat makan, menurut psikolog Rini Hildayani, bonding atau kelekatan orang tua dan anak juga akan semakin baik.

"Karena melibatkan anak dalam proses memasak akan membuat hubungan anak dengan orang tua lebih bagus," jelasnya dalam konferensi pers Nestle Healthy Kids - International Chefs Day 2016: Art on a Plate di Jakarta, beberapa waktu lalu. Bukan hanya itu, mengajak anak memasak bersama juga membuat anak secara emosi lebih positif. Selain itu, sikap anak dan pengetahuan anak tentang makanan jadi bertambah.

Karena itu, ia menyarankan agar orang tua yang terlibat dalam memasak berikan informasi yang tepat misalnya apa manfaat bahan makanan misalnya sayuran. Mengapa harus makan sayur dan lainnya. Sehingga anak punya pengetahuan lebih.

Manfaat lainnya mengajak anak memasak bersama adalah mengurangi kebiasan jajan terutama fast food atau makanan cepat saji.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement