Rabu 26 Oct 2016 10:05 WIB

Anak Bisa Bantu Ini Saat Memasak Bersama

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak memasak di dapur/ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Ibu dan anak memasak di dapur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Rini Hildayani menyarankan agar orang tua melibatkan anak dalam proses memasak. Hal apa saja yang bisa dilakukan anak dalam membantu orang tuanya memasak?

Menurutnya, saat melibatkan anak memasak terutama anak usia sekolah, bisa dari awal ketika mau masak. Dimulai dengan pertanyaan anak mau makan apa. Anak mau masak apa. Misalnya dia mau masak pasta, dengan begitu, anak merasa dilibatkan sehungga anak jadi lebih terikat untuk terlibat dan mau makan.

"Anak bisa diajarkan menetapkan pilihan. Sehingga nantinya anak tidak bilang terserah mama atau ayah. Ketika anak bisa menetapkan pilihan dengan baik, ini bisa untuk pembentukan karakter. Karena itu perlu dikembangkan, "ujarnya.

Setelah itu, anak-anak bisa dilibatkan untuk mencari resep yang bisa didapat dengan kecanggihan teknologi. Dan ajak anak mencari tahu bisa membeli bahan-bahan untuk memasak di mana.  

Kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan bahan-bahan masakan. Libatkan anak membeli bahan-bahan.

Anak usia sekolah  motorik halusnya juga sudah lebih bagus jadi bisa dimintai untuk membantu memotong-motong sayuran atau mengaduk adonan. Di sini orang tua sifatnya lebih mengawasi saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement