Rabu 26 Oct 2016 09:36 WIB

Jenis Masakan yang Sesuai Dimasak Bersama Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak memasak di dapur
Foto: Republika/Prayogi
Ibu dan anak memasak di dapur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef Stefu Santoso dari Association of Cullinary Professionals Indonesia (ACPI) mengatakan keterlibatan anak dalam menyiapkan dan menyajikan makanan juga dapat merangsang kreativitas mereka dalam mengolah bahan-bahan untuk dijadikan sebuah menu yang lezat dan menarik. Menurutnya orang tua bisa berkreasi dengan sayur dan buah-buahan lalu mengajarkannya kepada anak-anak mereka.

Menu yang disiapkan juga tidak harus rumit dan bisa menggunakan bahan yang mudah didapat seperti bayam, semangka dan lainnya. Yang penting adalah kandungan gizi seimbang dalam makanan tersebut.

Bisa juga mengajak anak membuat pizza dengan aneka topping yang mengandung gizi misalnya ada bayamnya, jamur, paprika, ayam, saus tomat, keju dan lainnya. Atau membuat salad buah dengan yogurt atau mayones.

Selain itu, anak-anak biasanya lebih suka ikut memasak atau membuat kue. Karena prosesnya jauh lebih simpel tidak begitu sulit. Dan biasanya lebih menyenangkan. Anak bisa mencampur bahan seperti telur, tepung dan gula. Mereka bisa bermain dengan mixer.

Setelah itu mereka bisa membentuk kue kering baru memanggang. Memanggang jauh lebih aman dibanding pegang pisau. Karena biasanya perlatan memanggang sudah dilapisi dengan peralatan tebal. Mereka juga tinggal mengatur suhu. "Itu pelajaran hidup untuk mereka mau makanan enak harus ada usaha. Mau pintar harus ada usaha," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement