Rabu 24 Sep 2014 19:45 WIB

Donat Ternyata Tinggi Sodium, Lho! (2)

Donat.
Foto: Reuters
Donat.

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan seperti keripik, crackers, atau biskuit pasti sudah diketahui Anda kaya kandungan garamnya. Sekali pun Anda tidak melahap kudapan ringan itu, Anda bisa jadi tetap mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi tanpa menyadarinya.

Sejumlah makanan sesungguhnya berenang dalam taburan garam, kata konsultan gizi di Culver City California, LeeAmm Smith Weintraub. Seperti dilansir dari laman Health, menurut dia setiap orang perlu mematuhi aturan asupan kurang dari 2.300 mg sodium per hari. Mereka yang punya darah tinggi bahkan tak boleh mendapatkan asupan garam lebih dari 1.500 mg.

* Makanan dalam kemasan

Donat dan kue sering diartikan hanya kaya gula dan karbohidrat. Ternyata, makanan-makanan ini juga banyak mengandung garam. Donat, misalnya, bisa mengandung 200 mg garam (atau 10 persen kebutuhan harian).

Sedangkan makanan dalam kemasan mengandalkan garam sebagai pengawet. Makanan-makanan ini juga banyak negatifnya, seperti tinggi kalori, lemak, dan kadang lemak trans.

* Cokelat panas

Minuman kegemaran banyak orang ini ternyata banyak garamnya. Satu cangkir cokelat panas bisa mengandung tujuh hingga lebih dari 10 persen kuota sodium dalam satu hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement