Ahad 14 Jul 2024 20:05 WIB

Aktris Shannen Doherty Meninggal Dunia pada Usia 53 Tahun Setelah Didiagnosis Kanker

Shannen Doherty didiagnosis kanker payudara sejak 2015.

Shannen Doherty. Shannen Doherty meninggal pada usia 53 tahun setelah didiagnosis kanker payudara.
Foto: Dok. Instagram/@theshando
Shannen Doherty. Shannen Doherty meninggal pada usia 53 tahun setelah didiagnosis kanker payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktris Shannen Doherty yang dikenal karena perannya dalam serial yang sangat populer “Beverly Hills 90210” dan fantasi sihir “Charmed” meninggal dunia pada usia 53 tahun. Dilansir laman Variety pada Ahad (14/7/2024), Doherty didiagnosis menderita kanker payudara pada 2015.

“Dengan berat hati saya mengonfirmasi meninggalnya aktris Shannen Doherty, Sabtu 13 Juli, dia kalah dalam perjuangannya melawan kanker setelah bertahun-tahun berjuang melawan penyakit tersebut,” kata juru bicara Doherty, Leslie Sloane, dalam sebuah pernyataan kepada People.

Baca Juga

Doherty terkenal pada 1990 sebagai Brenda Walsh yang berambut cokelat berwajah segar di "Beverly Hills, 90210" Fox. Serial itu sukses besar, dan dengan keberhasilannya muncul banyak sekali sorotan dan gosip seputar para pemerannya, termasuk Doherty yang masih remaja. Doherty muncul dalam 111 episode sebelum meninggalkan serial tersebut pada akhir musim keempat, di tengah laporan perselisihan dengan pemeran lainnya.

Setelah kepergiannya dari “Beverly Hills, 90210,” Doherty mulai terjun ke serial “Charmed”, drama supernatural yang mengisahkan tiga perempuan yang menyadari bahwa mereka adalah penyihir dan harus bekerja sama untuk melawan kejahatan. Doherty berperan sebagai Prue Halliwell, beradu akting dengan Alyssa Milano dan Holly Marie Combs. Pada 2000 dan 2001, ia menyutradarai tiga episode serial tersebut yakni “Be Careful What You Witch For”;“The Good, The Bad, and The Cursed”; dan “All Hell Breaks Loose” episode terakhir di mana ia muncul. Karakternya terbunuh ketika dia meninggalkan serial tersebut pada akhir musim ketiga.

Lahir di Memphis, Tenn., Doherty pindah ke Los Angeles bersama keluarganya saat masih kecil dan memulai kariernya pada usia 10 tahun dengan peran dalam serial “Pastor Murphy”. Sineas Michael Landon melihatnya di serial tersebut dan memerankannya sebagai Jenny Wilder di “Little House on the Prairie” pada usia 11 tahun. Doherty kemudian memiliki peran berulang dalam serial keluarga “Our House” bersama Wilfred Brimley.

Dalam film layar lebar, ia muncul dalam film klasik remaja lainnya, “Heathers,” serta dalam “Girls Just Want to Have Fun”, “Mallrats”, dan “Jay and Silent Bob Strike Back” karya Kevin Smith. Pada 2006, Doherty memproduseri reality show, “Breaking Up With Shannen Doherty” di mana dia membantu orang-orang yang berada dalam bahaya hubungan yang ingin keluar tetapi tidak bisa melakukannya sendiri, dan kemudian muncul di reality show lain, “Off the Peta Dengan Shannen dan Holly”.

Doherty didiagnosis menderita kanker payudara pada Februari 2015, dan pada 2017 dikatakan dia dalam tahap remisi. Namun pada 2019 kanker telah kembali dan menyebar. Dia terus bekerja, dengan peran dalam film TV termasuk “Dying to Belong” dan “List of a Lifetime". Pada Juni 2023, Doherty menyebut dia menerima radiasi kanker yang menyebar ke otaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement