Rabu 05 Jun 2024 17:28 WIB

Batu Ginjal Mengintai Penderita Obesitas, Hati-Hati Jika Anda Salah Satunya

Dokter mengatakan, orang dengan obesitas semakin mungkin terkena batu ginjal.

Orang dengan obesitas (ilustrasi). Orang dengan obesitas semakin mungkin terkena batu ginjal.
Foto: www.freepik.com
Orang dengan obesitas (ilustrasi). Orang dengan obesitas semakin mungkin terkena batu ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola hidup jarang bergerak atau sedentari dan obesitas disebut menjadi pemicu timbulnya batu ginjal. Guru Besar Bidang Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Nur Rasyid Sp.U(K) mengatakan orang obesitas semakin mungkin kena batu ginjal.

"Karena orang obesitas kurang gerak akibatnya makin numpuk batunya, frekuensinya lebih tinggi yang sedentari,” kata Prof Rasyid dalam acara edukasi Siloam Hospital Asri mengenai pengobatan batu ginjal Retrograde Intraternal Surgery (RIRS) di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan batu ginjal bisa terjadi karena kepekatan urine di dalam ginjal karena jarang mengonsumsi cairan. Pada orang dengan pola hidup sedentari, akan jarang melakukan aktivitas yang bergerak sehingga tidak minum banyak dan berkemih kurang dari 2,5 liter sehari.

Padahal dengan bergerak, batu pada ginjal yang berukuran kecil akan bisa turun dan jatuh sehingga tidak menumpuk. Jika seseorang memiliki batu ginjal yang berukuran masih di bawah dua milimeter dokter akan memberikan obat yang dapat melebarkan saluran urin agar batu bisa keluar.

 

“Batu dua milimeter kasih obat saja untuk melebarkan saluran biasanya obat prostat biasanya 2 minggu sudah normal, biasanya CT Scan sangat menolong apabila dilakukan akurat dan baik,” kata dia.

Dokter urologi di RS Cipto Mangunkusumo ini mengatakan banyak masyarakat yang tidak menyadari memiliki batu ginjal karena tidak menimbulkan gejala khusus. Umumnya pasien biasanya langsung mendatangi rumah sakit jika mengalami pegal di pinggang tanpa sebab, keluhan nyeri di pinggang bawah karena batu menyumbat dan muntah-muntah.

Maka itu, ia menyarankan untuk masyarakat memeriksakan kesehatan ginjal dengan check up rutin beserta USG ginjal untuk deteksi dini batu ginjal yang lebih parah, serta menjalani pola hidup sehat. “Makanya olahraga, mengurangi berat badan, hidup sehat, jadi apapun yang kita makan nggak berlebih zat pembentuk batu, lebih penting minum sehingga kencing 2,5 liter,” ujarnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement