Ahad 31 Mar 2024 15:53 WIB

Hilbram Dunar dan Chadwick Boseman Meninggal di Usia 40-an, Apa Gejala Kanker Usus Besar?

Skrining kanker kolorektal direkomendasikan dimulai pada usia 45 tahun.

Presenter dan penyiar radio Hilbram Dunar dalam foto yang dibagikan aktor Teuku Wisnu di Instagram-nya. Hilbram meninggal dunia pada Ahad (31/3/2024).
Foto:

Gejala klinis kanker kolorektal antara lain perdarahan saluran cerna bawah (hematokesia), gangguan pola defekasi, berat badan turun, dan ditemukan adanya benjolan pada abdomen. Jika Anda mengalami gejala klinis tersebut, Prof Ari menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

"Poin pentingnya, semakin dini kanker ini diidentifikasi, semakin mudah untuk diobati. Jadi jangan terlambat untuk didiagnosis," kata Prof Ari.

photo
Aktor Chadwick Boseman yang terkenal sebagai pemaran Black Panther. Boseman meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker kolon. - (EPA)

Waspadai gejala awal kanker usus besar

1. Perubahan kebiasaan buang air besar

Waspada jika terjadi perubahan dalam kebiasaan buang air besar, misalnya sering mengalami diare dan/atau sembelit. Ini adalah salah satu tanda awal kanker usus besar.

2. Merasa kembung terus-menerus

Episode kembung, kram, gas, atau sakit perut yang terjadi secara teratur tidak boleh dianggap enteng. Hindari sembarang mengonsumsi obat-obatan herbal dan melakukan pengobatan rumahan tanpa mencari tahuakar penyebabnya.

3. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah tanda klasik dari kanker. Jika Anda mengalami semua gejala yang disebutkan di atas dan juga kehilangan banyak berat badan akhir-akhir ini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Terdapat jejak darah dalam tinja

Seiring dengan gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter jika Anda melihat adanya jejak darah dalam tinja. Banyak orang mengira pendarahan duburnya terjadi karena wasir. Padahal, tidak seperti wasir, pendarahan dubur karena kanker tidak mereda dan memburuk dibarengi dengan sakit perut yang tak tertahankan.

5. Risiko kanker usus besar meningkat pada individu obesitas

Pada 2012, lebih dari 85 ribu kasus kanker usus besar disebabkan oleh kelebihan berat badan. Bukan hanya satu jenis kanker ini, obesitas meningkatkan risiko terkena tujuh jenis kanker yang berbeda.

Konsumsi alkohol dan merokok juga meningkatkan risiko kanker usus besar. Kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat tanpa buah dan sayuran musiman, serat juga meningkatkan risiko pertumbuhan kanker di usus besar atau rektum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement