Selasa 02 Apr 2024 04:53 WIB

Public Figure yang Meninggal Dunia karena Kanker Usus Besar Seperti Hilbram Dunar

Penyakit kanker usus besar telah 'merenggut' nyawa beberapa public figure.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Presenter Hilbram Dunar, Hilbram meninggal dunia akibat penyakit kanker usus besar. Selain Hilbram, ada juga beberapa public figure yang meninggal akibat penyakit kanker usus.
Foto: Dok. Instagram/@hilbramdunar
Presenter Hilbram Dunar, Hilbram meninggal dunia akibat penyakit kanker usus besar. Selain Hilbram, ada juga beberapa public figure yang meninggal akibat penyakit kanker usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar meninggalnya presenter Hilbram Dunar mengagetkan publik. Sebab tak banyak yang tahu bahwa selama ini Hilbram mengidap penyakit kanker usus besar.

Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, kanker usus besar bisa disebabkan oleh berbagai hal termasuk sering makan daging merah, jarang makan makanan berserat, hingga obesitas. Tetapi faktor usia yang sudah menginjak 50 tahun ke atas dan gen dari keluarga, juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga

Penyakit kanker usus besar telah merenggut nyawa beberapa public figure di dalam maupun luar negeri. Berikut ini adalah enam figur publik yang meninggal secara mengejutkan akibat kanker usus besar yang diderita.

1. Hilbram Dunar

 

photo
Presenter dan penyiar radio Hilbram Dunar. - (Dok Teuku Wisnu/Instagram)

 

Pada 31 Maret 2024, Indonesia dikejutkan dengan kabar meninggalnya presenter kondang Hilbram Dunar dalam usia 48 tahun, yang diketahui mengidap kanker usus stadium empat. Ia merupakan seorang news anchor, penyiar radio, penulis, dan pembawa acara. Hilbram merupakan lulusan Universitas Trisakti yang namanya mulai dikenal ketika menjadi penyiar di MS Tri FM Jakarta pada 1996, dan sudah dikaruniai dua orang anak bersama istrinya Denny Lusiana.

2. Henky Solaiman

photo
Henky Solaiman. - (Instagram @opahenky)

 

Aktor, sutradara, dan penulis naskah senior Henky Solaiman meninggal dalam usia 78 tahun pada 15 Mei 2020. Aktor senior keturunan China-Indonesia mengenyam pendidikan seni peran di Akademi Teater Nasional Indonesia Yogyakarta. Dari situ, ia berkenalan dengan sesama pegiat seni seperti Teguh Karya, Wahab Abdi, dan Pietrajaya Burnama.

Teguh Karya mengajaknya bergabung dengan Teater Populer, dan ia mulai berkenalan dengan para aktor dan aktris seperti Slamet Raharjo, Christine Hakim, dan Alex Komang. Film pertamanya adalah Bunga Putih dirilis pada 1966, dan mulai aktif di industri perfilman, anak yang meneruskan karir seninya adalah Verdi Solaiman.

3. Titi Qadarsih

photo
Seorang anggota keluarga menunjukan foto semasa hidup almarhumah Titi Qadarsih. - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

 

Meninggal pada 22 Oktober 2018 dalam usia 73 tahun, Titi Qadarsih merupakan seorang peragawati, penari, penyanyi, dan aktris. Anggota Teater Populer dan Teater Koma ini, namanya kian dikenal karena pernah berduet dengan penyanyi Gombloh dan menjadi pengisi suara dengan bayaran termahal.

Ia pernah bergabung dalam grup vokal Salanti Bersaudara pada 1964, sebagai awal mula berkarir. Setelah berpisah dengan sang suami, Yudho Salmun, ia memilih untuk tetap menjanda. Anaknya, Indra Qadarsih, merupakan mantan keyboardis Slank yang kini menjadi personel BIP.

4. Kirstie Alley

photo
Aktris Kirstie Alley. - (EPA/JUSTIN LANE)

 

Bintang televisi Amerika Serikat, Kirstie Alley, meninggal pada 5 Desember 2022 dalam usia 71 tahun. Perannya sebagai Rebecca How di sitcom “Cheers” membawanya menerima penghargaan Emmy Awards dan Golden Globe pada 1991. Begitu pula pada perannya di sitcom “Veronica’s Closet”, yang juga membawanya meraih dua penghargaan tersebut.

Tidak hanya dalam serial, Kirstie Alley juga muncul dalam sejumlah film. Star Trek II: The Wrath of Khan yang rilis 1982, menjadi film yang membuat namanya kian dikenal, ia berperan sebagai Letnan Saavik. Tetapi pada 1987, ia berperan dalam film Summer School bersama Mark Harmon hingga meraih box office. 

5. Chadwick Boseman

photo
Aktor Chadwick Boseman. - (Chris Pizzello / Invision / AP)

 

Aktor ini dikenal lewat perannya sebagai Black Panther dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) sejak 2016 hingga 2019. Chadwick Boseman yang meninggal pada 28 Agustus 2020 di usia 43 tahun, menjadi orang kulit hitam pertama yang menjadi peran utama MCU dan masuk dalam nominasi Time 100. 

Diagnosis kanker usus besar sudah diterimanya sejak 2016, namun ia memilih merahasiakannya sembari tetap berdonasi untuk yayasan amal kanker. Film terakhirnya adalah Ma Rainey’s Black Bottom yang tayang setelah kematiannya, serta mendapat ulasan positif hingga ia mendapat nominasi Aktor Terbaik Academy Award dan Aktor Terbaik Film Drama Penghargaan Golden Globe.

6. Luke Perry

photo
Luke Perry - (AP)

 

Meninggal pada 4 Maret 2019 di usia 52 tahun, Luke Perry kala itu masih aktif berperan dalam serial original Netflix “Riverdale”. Berasal dari keluarga sederhana di Ohio, ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga sementara ayahnya merupakan buruh pabrik baja.

Perry pindah ke Los Angeles sesaat setelah sekolah menengah untuk mengejar nasib berakting, karena ia tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya di Ohio. Dia bekerja sebagai paver dan tinggal di berbagai kota termasuk Huntington Beach, Long Beach, Downey dan Paramount.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement