Kamis 14 Mar 2024 19:15 WIB

SXSW Tolak Sikap Gubernur Texas yang Minta Artis Pro Palestina tak Kembali

Sejumlah artis batalkan keterlibatannya di SXSW, acara yang disponsori militer AS.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Band punk hardcore asal AS, Scowl, menyatakan mundur dari gelaran SXSW 2024.
Foto:

Tak mau tinggal diam, penyelenggara SXSW balik menanggapi pernyataan sang gubernur dengan nada penolakan. SXSW mengaku tidak setuju dengan Gubernur Abbott karena mereka adalah organisasi yang menyambut beragam sudut pandang.

"Musik adalah jiwa SXSW dan telah lama menjadi warisan kami. Kami sepenuhnya menghormati keputusan yang diambil para seniman ini untuk menggunakan hak kebebasan berpendapat mereka," demikian pernyataan resmi penyelenggara SXSW di Instagram.

Salah satu musisi yang memboikot SXSW adalah grup rap Irlandia Kneecap yang baru-baru ini hadir di Sundance Film Festival untuk merayakan film tentang kehidupan mereka yang dibuat oleh Sony Pictures Classics. Pelaku boikot lainnya termasuk Lambrini Girls, Squirrel Flower, dan Sprints.

"Atas nama hati nurani, kami tidak dapat menghadiri festival seni yang menjadikan Angkatan Darat AS sebagai 'sponsor super' dan menggunakan platform RTX (sebelumnya Raytheon), Collins Aerospace, dan BAE Systems, perusahaan yang menjual senjata yang telah membunuh 31 ribu warga Palestina, lebih dari 21 ribu orang di antaranya adalah perempuan dan anak-anak,” kata Kneecap dalam postingan di X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement