Jumat 15 Mar 2024 14:51 WIB

Dapat Pencerahan dari Austin for Palestine Coalition, Reality Club Batalkan Show di SXSW

Deretan artis yang memboikot SXSW 2024 terus bertambah, termasuk Reality Club.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Grup band Reality Club saat tampil di Pestapora, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/9/2023). Reality Club batalkan showcase-nya di SXSW, Amerika Serikat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Grup band Reality Club saat tampil di Pestapora, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/9/2023). Reality Club batalkan showcase-nya di SXSW, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik indie rock asal Indonesia, Reality Club, bergabung dalam daftar panjang musisi dunia yang membatalkan jadwal manggung di South by Southwest (SXSW) tahun ini. Festival musik, film, teknologi, dan budaya tersebut berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada 11 Maret hingga 16 Maret 2024.

Reality Club membagikan informasi pembatalan itu lewat akun Instagram @realityclub, Kamis (14/3/2024). "Kami tidak akan tampil di showcase SXSW. Terima kasih @weareumaw dan @austinforpalestinecoalition yang menyadarkan kami akan informasi ini," tulis Reality Club.

Baca Juga

Band beranggotakan Fathia Izzati (vokal, kibor), Faiz Novascotia Saripudin (vokal, gitar), Nugi Wicaksono (bass), dan Era Patigo Rizky (drum) itu menjelaskan lebih lanjut terkait informasi yang dimaksud. Hal itu merujuk pada Angkatan Darat AS yang menjadi sponsor super di SXSW 2024.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Reality Club (@realityclub)

Dalam acara, terdapat pula partisipasi kontraktor pertahanan yang memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk menyakiti warga Palestina. Karena itu, sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina dan kemanusiaan, Reality Club memutuskan untuk menarik diri dari SXSW.

Menurut Reality Club, keputusan itu diambil dengan berbagai pertimbangan serta sudah ada percakapan antara band dan penyelenggara SXSW. Reality Club mengakui bahwa tampil di acara bergengsi SXSW merupakan impian band sejak lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement