Kamis 14 Mar 2024 19:15 WIB

SXSW Tolak Sikap Gubernur Texas yang Minta Artis Pro Palestina tak Kembali

Sejumlah artis batalkan keterlibatannya di SXSW, acara yang disponsori militer AS.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Band punk hardcore asal AS, Scowl, menyatakan mundur dari gelaran SXSW 2024.
Foto: Dok Twitter/@scowl
Band punk hardcore asal AS, Scowl, menyatakan mundur dari gelaran SXSW 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggara festival South by Southwest (SXSW) menolak sikap Gubernur Texas Greg Abbott terhadap para seniman pro Palestina. SXSW tidak sepakat dengan ucapan Abbot yang meminta deretan musisi itu untuk tidak kembali ke Austin.

Dikutip dari laman Hollywood Reporter, Kamis (14/3/2024), pernyataan gubernur muncul setelah sejumlah musisi menolak hadir dalam festival SXSW. Pembatalan kehadiran disebabkan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat menjadi "sponsor super" acara itu.

Baca Juga

Pemboikotan oleh para musisi lantaran diketahui secara meluas bahwa AS mendukung pendudukan Israel di Gaza, dan Angkatan Darat AS sangat terkait dengan itu. Secara keseluruhan, ada 60 artis yang menolak tampil atau hadir di festival tersebut.

Menanggapi itu, Gubernur Abbott membuat unggahan di media sosial X pada Selasa (12/3/2024). "Band menarik diri dari SXSW karena sponsor Angkatan Darat AS. Selamat tinggal. Jangan kembali. Kami bangga dengan militer AS di Texas. Jika Anda tidak menyukainya, jangan datang ke sini," tulisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement