Sabtu 18 May 2024 09:44 WIB

Tujuh Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Mendengarkan musik bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mendengarkan musik bisa membuat seseorang bahagia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Mendengarkan musik bisa membuat seseorang bahagia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat bosan atau suasana terlalu sepi, banyak orang memilih mendengarkan musik sambil beraktivitas. Ternyata, kebiasaan itu bisa memberikan manfaat kesehatan. Berikut tujuh kegunaan mendengarkan musik bagi kesehatan fisik dan mental, dikutip dari laman NorthShore, Sabtu (18/5/2024).

- Menyehatkan jantung

Baca Juga

Penelitian menunjukkan bahwa aliran darah lebih lancar saat seseorang mendengarkan musik. Menikmati musik juga dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar hormon stres) serta meningkatkan serotonin dan endorfin.

- Meningkatkan suasana hati

Musik dapat meningkatkan produksi hormon dopamin di otak. Peningkatan produksi dopamin ini membantu meredakan perasaan cemas dan depresi. Musik diproses langsung oleh amigdala, yaitu bagian otak yang terlibat dalam suasana hati dan emosi.

photo
Mendengarkan musik dapat menghasilkan dopamin di otak. - (Republika.co.id)

- Mengatasi rasa sakit

Dengan mengurangi tingkat stres dan memberikan stimulus persaingan yang kuat terhadap sinyal nyeri yang masuk ke otak, terapi musik dapat membantu manajemen nyeri. Musik dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan, terutama pada perawatan geriatri, perawatan intensif, atau pengobatan paliatif.

- Menghilangkan stres dan redakan depresi

Ada hasil studi yang menyebutkan bahwa mendengarkan musik dapat menghilangkan stres dengan memicu pengurang stres biokimia. Musik juga bisa meredakan gejala depresi. Saat sedih, mendengarkan musik dapat membantu membangkitkan semangat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement