Kamis 29 Feb 2024 19:43 WIB

Gol A Gong: Membaca Antarkan Saya Jelajahi 20 Negara tanpa Keluar Uang

Gol A Gong merupakan Duta Baca Indonesia.

Duta Baca Indonesia Gol A Gong menyebut membaca mendatangkan banyak manfaat.
Foto:

Gong juga mengemukakan kebiasaan membaca mempermudah usahanya ketika melamar pekerjaan. Dia diterima di salah satu media nasional untuk menjadi wartawan berkat rajin membaca.

 

"Buku membuat saya berdaya. Dari membaca, saya bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang tidak diskriminatif secara fisik, karena di perusahaan tersebut yang ditanya bukan tentang fisik saya, tetapi selalu ditanya kompetensimu apa," papar Gong yang juga pendiri Rumah Dunia, Banten.

Sebelum menjadi Duta Baca Nasional, Gong juga pernah ditunjuk menjadi Instruktur Literasi Nasional dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sejak 30 April 2021, dia dinobatkan menjadi Duta Baca Indonesia hingga tahun 2025.

Berbagai penghargaan juga telah diraih Gong, antara lain penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka pada tahun 2007, Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbudristek tahun 2015, dan Tokoh Literasi Nasional dari Badan Bahasa pada tahun 2016. Naskah film pertamanya juga telah tayang di layar lebar berjudul Balada Si Roy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement