Rabu 14 Feb 2024 04:04 WIB

Bisa Awet Muda dengan Minum 3 Cangkir Teh Setiap Hari, Mitos atau Fakta?

Teh terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman teh. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi tiga cangkir teh per hari dapat membantu memperlambat penuaan biologis.
Foto:

Para peneliti mengamati data dari 5.998 orang dewasa di Inggris berusia 37 hingga 73 tahun, dan 7.931 berusia 30 hingga 79 tahun di China. Mereka ditanya tentang jumlah teh yang diminum, termasuk teh hijau dan teh oolong serta teh hitam, yang biasanya dicampur dengan susu untuk minuman tradisional di Inggris.

Penuaan biologis mereka diukur menggunakan tes darah khusus yang melihat perubahan pada DNA manusia. Meminum teh dalam jumlah berapa pun ditemukan membantu mengurangi kecepatan orang dalam proses menua selama rata-rata dua tahun masa tindak lanjut.

Hal itu dengan peningkatan yang mencapai puncaknya pada tiga cangkir sehari. Dokter Xiang menjelaskan teh mengandung berbagai senyawa bioaktif, seperti polifenol, theanine, dan kafein.

"Itu mungkin terkait dengan potensi efek anti penuaan," jelas dia.

Polifenol telah dilaporkan punya manfaat memodulasi mikrobiota usus. Hal itu mungkin memiliki efek penting dalam mengatur perubahan imunitas, metabolisme, dan fungsi kognitif terkait usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement