Senin 15 Jan 2024 18:35 WIB

Diabetes Erat Kaitannya dengan Penyakit Ginjal Kronis, Bagaimana Pencegahannya?

Penyakit ginjal kronis termasuk silent killer karena tak memunculkan gejala di awal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Diabetes (ilustrasi). Penyebab utama progresi pada penyakit ginjal kronis pada pengidap diabetes tipe 2 adalah terjadinya inflamasi dan fibrosis pada ginjal.
Foto:

Bagaimana cara mencegah PGK?

Cara mencegah PGK adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sekitar 30 persen penderita hipertensi berkembang menjadi PGK.

Itu artinya, penting utnuk mengontrol asupan garam dalam pola makan sehari-hari. Olahraga dan mencegah kelebihan berat badan,juga menjadi upaya untuk mencegah PGK.

"Kontrol dan kenali gula darah itu penting, dan tekanan darah harus dkendalikan, diet pada pasien PGK salah satunya diet rendah protein," jelas dr Pringgodigdo.

Apa yang harus dilakukan pasien PGK?

Dokter Pringgodigdo menjelaskan bahwa lebih baik jika PGK terdeteksi sejak dini dan fungsi ginjal masih tinggi. Sebaliknya, apabila tidak diperiksakan, penderita berisiko mengalami gagal ginjal hingga penyakit kardiovaskular, seperti jantung.

"Nanti kalau makin berlanjut, ada tambahan (kondisi pemberat) lagi, makin turun fungsi ginjal, makin komplikasi. Tapi bisa gunakan obat yang bisa menghambat perburukan dari kondiis ginjal," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement