Kamis 04 Jan 2024 23:08 WIB

Anak Anda Suka Berteriak Hingga Lari-Lari di Restoran? Coba Lakukan 7 Cara Ini

Anak bisa dikondisikan agar tak sampai mengganggu pengunjung lain di restoran.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Restoran (Ilustrasi). Saat berada di restoran, orang tua sebaiknya tidak sibuk sendiri dengan gawai dan lebih memperhatikan anaknya..
Foto: Republika/Dian Fath Risalah
Restoran (Ilustrasi). Saat berada di restoran, orang tua sebaiknya tidak sibuk sendiri dengan gawai dan lebih memperhatikan anaknya..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan bersama di restoran seharusnya menjadi momen yang menyenangkan bagi orang tua dan anak. Namun, ada kalanya momen kebersamaan ini menjadi cukup menantang ketika anak menunjukkan perilaku yang kurang menyenangkan, seperti berteriak-teriak, mengganggu meja pengunjung lain, hingga berlari-larian di restoran.

Agar terhindar dari situasi seperti ini saat makan bersama anak di restoran, ada tujuh hal yang perlu dipersiapkan oleh orang tua. Berikut ini adalah ketujuh hal tersebut seperti dilansir BabyCenter pada Kamis (4/1/2024).

Baca Juga

Beri Gambaran

Orang tua disarankan untuk memberi tahu anak mengenai llokasi restoran yang akan mereka tuju. Selain itu, orang tua juga perlu memberitahu anak mengenai jenis makanan yang akan tersedia di restoran tersebut. Ayah dan ibu juga sebaiknya memberikan pengertian kepada anak mengenai perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di restoran.

Pilih Restoran yang Tepat

Orang tua dianjurkan untuk memilih restoran yang sesuai dengan usia anak dan tingkat kedewasaan anak. Bila memiliki anak berusia di bawah empat tahun atau anak yang suka berlari-larian, orang tua disarankan untuk memilih restoran keluarga yang menyediakan booth tempat makan cukup lebar dan memiliki menu khusus untuk anak-anak.

Perlengkapan Pengusir Kebosanan

Terkadang, restoran membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyajikan makanan ke atas meja. Waktu tunggu yang cukup lama ini bisa membuat anak merasa bosan dan rewel.

Untuk mencegah terjadinya situasi seperti ini, orang tua bisa membawa perlengkapan pengusir kebosanan seperti cemilan atau krayon dan kertas untuk menggambar. Orang tua juga bisa mengajak anak berjalan-jalan di sekitar area restoran selama menunggu makanan disajikan.

Pilih Waktu

Orang tua sebaiknya tidak mengajak anak ke restoran di jam mereka istirahat, seperti jam tidur siang atau jam tidur malam. Selain itu, anak-anak biasanya sudah mulai merasa cukup lelah ketika hari mulai gelap. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mengajak anak mereka untuk makan di restoran di luar waktu tersebut.

Jauhkan Gawai

Saat berada di restoran, orang tua sebaiknya tidak sibuk sendiri dengan gawai. Coba untuk lebih terlibat dalam percakapan atau aktivitas dengan anak selama di restoran. Seperti dilansir WhatsUpMom, anak cenderung akan menunjukkan perilaku kurang menyenangkan, seperti berlari-lari hingga berteriak, ketika perhatian orang tua teralihkan kepada hal lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement