Sabtu 30 Dec 2023 22:24 WIB

Masuk ke Restoran Halal, Ini yang tidak Boleh Dilakukan Konsumen

Ada hal yang harus dipatuhi kosumen ketika berada di restoran bersertifikat halal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Logo halal (ilustrasi). Ada beberapa hal yang tidak oleh dilakukan konsumen ketika berada di restoran halal.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Logo halal (ilustrasi). Ada beberapa hal yang tidak oleh dilakukan konsumen ketika berada di restoran halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia, sudah cukup banyak restoran bersertifikat halal. Belajar dari pengalaman viral selebgram Jovi Adhiguna beberapa bulan lalu, apa saja yang harus konsumen patuhi di restoran bersertifikat halal?

Founder Halal Corner Aisha Maharani mengungkapkan hal-hal yang harus konsumen patuhi di restoran bersertifikat halal. Pertama, yaitu tidak membawa makanan dan minuman dari luar.

Baca Juga

“Itu sudah menjadi aturan dasar bagi setiap pengunjung, agar tidak terjadi kontaminasi yang tidak diinginkan. Contoh kasus Baso A Fung yang sempat viral,” ujar Aisha kepada Republika.co.id melalui WhatsApp, Jumat (29/12/2023). 

Kedua, tidak membawa hewan peliharaan, apalagi seperti anjing. Air liur anjing termasuk kategori najis besar. 

“Tidak membawa hewan peliharaan apalagi hewan seperti anjing yang air liurnya termasuk kategori najis besar,” kata dia. 

Selain itu, Aisha juga membagikan kiat menjadi pelanggan yang baik di restoran bersertifikat halal. “Patuhi aturan dasar dan jaga selalu tidak mengontaminasi restoran dari yang haram dan najis,” ujar Aisha. 

Sebelumnya, pada Juli 2023, selebgram Jovi Adhiguna membuat warganet heboh lantaran kedapatan menyantap bakso A Fung campur dengan kerupuk babi di restoran. Diketahui, bakso A Fung sudah mendapat sertifikat halal. 

Meskipun sudah dihapus di Instagram Story, ada warganet yang sudah merekam dan mengunggah kembali kontennya di akun TikTok pawpawkids. Dalam video tersebut diperlihatkan Jovi sedang mencampur berbagai bumbu tambahan seperti kecap untuk mendapat rasa kuah bakso yang pas. 

Namun, di pertengahan video dia langsung mencampur bakso dengan kerupuk babi. “Terus aku beli kerupuk babi, itadakimasu,” katanya. 

Sontak, melihat itu, warganet geram. Sebab, kerupuk babi yang dia makan dimasukkan ke dalam mangkok. Ini membuat sejumlah Muslim takut karena makanan non halal sudah terkena peralatan makan. 

“Konsep halal itu bukan hanya dari bahannya, tapi dari semua aspek pendukungnya, termasuk alat makannya. Semoga ini jadi edukasi untuk yang lain,” ujar salah seorang warganet. 

Menanggapi kelalaiannya, Jovi juga sudah meminta maaf. Bahkan, insiden terkait bakso A Fung sudah dia cantumkan di highlight-nya. Khawatir akan penggunaan alat makan saat itu, Jovi juga mengaku sudah menghubungi pihak bakso A Fung untuk memberikan penjelasan lebih detail.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement