Rabu 03 Jan 2024 09:11 WIB

Film Perang yang Ceritanya Bagus Tapi Jarang Diketahui, Ada yang Angkat Pembantaian Muslim

Ada beberapa film bertema perang yang memiliki cerita kuat tapi jarang diketahui.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Quo Vadis, Aida?. Ini menjadi salah satu film tentang perang yang jarang diketahui penonton padahal memiliki cerita luar biasa. Film ini berkisah tentang pembantaian etnis Muslim di Bosnia.
Foto:

3. Siege of Jadotville (2016)

photo
Salah satu adegan di film Siege of Jadotville. - (Dok. Netflix)

 

Film dengan penggambaran mengesankan dari momen yang jarang terwakili dalam sejarah, Siege of Jadotville, dibintangi oleh Jamie Dornan. Film ini mengisahkan tentang peran unit tentara Irlandia dalam Operasi PBB di Kongo.

Siege of Jadotville menggambarkan pertikaian hidup antara Komandan Irlandia Pat Quinlan melawan tentara bayaran Prancis dan Belgia. Film ini merupakan penghormatan kepada tentara-tentara yang tidak pernah mendapatkan pengakuan yang pantas serta diperlakukan seperti pengecut setelah bertahan melalui tantangan yang mustahil dan hanya menyerah ketika mereka tidak memiliki makanan, amunisi, atau sisa air. 

4. Hunger (2008)

photo
Salah satu adegan di film Hunger. - (Dok. Pathé Distribution)

 

Hunger adalah film debut sutradara Steve McQueen dan dibintangi oleh Michael Fassbender sebagai Bobby Sands. Sands merupakan anggota kehidupan nyata Tentara Republik Irlandia yang meninggal karena mogok makan saat dipenjara di HM Prison Maze di Irlandia Utara dan tekad bulat dari mereka yang terkena dampaknya. 

Hunger berperan sebagai potret filosofis umat manusia dan mereka yang rela mati demi keyakinannya. Fassbender memberikan penampilan yang menentukan karier sebagai Sands dan film tersebut menandakan kedatangan suara pengarah baru yang penting dalam diri McQueen. 

5. Persepolis (2007)

photo
Salah satu adegan di film Persepolis. - (Dok. Diaphana Distribution)

 

Persepolis adalah adaptasi dari novel grafis berjudul sama karya Marjane Satrapi. Film ini merupakan penggambaran yang kuat tentang seorang gadis yang beranjak dewasa dengan latar belakang Revolusi Iran. Sebuah film animasi yang kuat secara emosional dan menarik, Persepolis menceritakan kisah yang sangat pribadi sambil memberikan konteks mendalam tentang sejarah Iran dan perubahan-perubahan sosial yang dialaminya dalam beberapa dekade terakhir. Ini merupakan kisah tentang perjalanan Marjane menuju penemuan diri dan pemberdayaan, Persepolis membahas tentang ketahanan dalam menghadapi dunia yang terus berubah dan mendapat pujian universal dari para kritikus. 

Film-film perang lainnya yang tak kalah menarik yakni The Wind That Shakes The Barely (2006), The Battle of Algiers (1966), The Killing Fields (1984), The Last of the Mohicans (1992), dan Hotel Rwanda (2004).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement