Rabu 01 May 2024 18:12 WIB

Film Durasi Terpanjang di Dunia 85 Jam, Berapa Durasi Ideal untuk Sebuah Film?

Film yang diakui Hollywood berdurasi terpanjang yaitu The Cure for Insomnia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Film (ilustrasi). Berdasarkan sebuah survei, durasi film yang ideal adalah 92 menit.
Foto: www.freepik.com
Film (ilustrasi). Berdasarkan sebuah survei, durasi film yang ideal adalah 92 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film-film yang diproduksi di berbagai belahan dunia memiliki durasi yang sangat beragam. Namun umumnya, film-film di dunia memiliki rata-rata durasi sekitar 90-120 menit, menurut Gitnux. Berapa lama sebenarnya durasi film yang ideal dan disukai penonton?

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini, Talker Research menggelar sebuah survei daring pada April lalu. Survei ini melibatkan 2.000 orang di Amerika Serikat sebagai responden.

Baca Juga

Berdasarkan survei ini, durasi film yang ideal adalah 92 menit. Selain itu, sekitar 15 persen responden merasa film berdurasi lebih dari 120 menit atau dua jam masih bisa diterima. Namun, hanya sekitar 2 persen responden yang merasa senang untuk menonton film dengan durasi lebih dari 150 menit atau 2,5 jam.

Uniknya, temuan ini tampak berlawanan dengan realitas komersil. Seperti diketahui, sembilan dari 10 film terlaris sepanjang masa di dunia memiliki durasi lebih dari dua jam. Bahkan tuga dari 10 film terlaris sepanjang masa memiliki durasi lebih dari tiga jam, yaitu Avengers: Endgame, Avatar: Way of Water, serta Titanic.

Dari 10 film terlaris sepanjang masa, hanya ada satu film yang memiliki durasi di bawah dua jam. Film tersebut adalah film animasi The Lion King yang dirilis pada 2019.

Akan tetapi, isu mengenai durasi film yang panjang mulai mencuat sejak penayangan film Killers of the Flower Moon di sejumlah bioskop disisipi oleh "waktu istirahat" yang tak resmi. Padahal, film ini hanya memiliki durasi 206 menit.

"Kalian bisa duduk di depan televisi dan menonton sesuatu selama lima jam, ada banyak orang yang menonton bioskop selama 3,5 jam. Berilah rasa hormat terhadap film bioskop," protes sutradara Killers of the Flower Moon, Martin Scorsese, seperti dilansir The Guardian pada Rabu (1/5/2024).

Menurut studi yang dilakukan oleh What of Watch, rerata durasi film yang paling sukses secara komersial mengalami peningkatan seiring waktu. Sebagai perbandingan, rerata film paling laris pada 1981 adalah 110 menit, sedangkan rerata durasi film terlaris pada 2022 adalah 141 menit.

Ada banyak faktor yang membuat rerata durasi film-film terlaris mengalami peningkatan. Sebagian di antaranya adalah kehadiran platform streaming yang lebih fleksibel dalam hal jadwal penayangan hingga keinginan sineas untuk menampilkan adegan aksi hingga efek visual yang mahal.

Terkait durasi film, Gitnux mengungkapkan bahwa film yang diakui Hollywood dengan durasi terpanjang adalah The Cure for Insomnia. Film ini memiliki durasi sepanjang 85 jam. Sedangkan per 2020, film terpendek memiliki durasi sekitar 61 detik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement