Selasa 19 Dec 2023 16:37 WIB

Tak Sesuai Dugaan Turis, Patung Gangnam Style di Korea Jadi Perbincangan

Unggahan turis mengenai patung Gangnam Style di Korea mendapat reaksi beragam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Musisi Korea Selatan, Psy, melakukan tarian Gangnam Style. Pembahasan tentang patung Gangnam Style menjadi perbincangan di media sosial. (ilustrasi).
Foto: The Canadian Press
Musisi Korea Selatan, Psy, melakukan tarian Gangnam Style. Pembahasan tentang patung Gangnam Style menjadi perbincangan di media sosial. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Patung Gangnam Style di Seoul, Korea Selatan, menjadi perboncangan hangat warganet dunia beberapa hari belakangan ini. Padahal, patung tersebut sebenarnya sudah diresmikan sejak 2016. Apa yang membuat warganet dunia heboh membicarakan patung ini?

Seperti namanya, patung Gangnam Style terinspirasi dari lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi Psy. Patung ini berlokasi di sebuah cultural hub yang ada di seoul, yaitu COEX.

Baca Juga

Warga Korea Selatan tentu sudah sangat familier dengan rupa patung Gangnam Style. Tapi, hal serupa tidak berlaku bagi warganet yang berasal dari berbagai negara dan belum pernah menjejakkan kaki di Korea Selatan.

Karena lagu "Gangnam Style" sangat identik dengan Psy, warganet dari berbagai negara kerap mengira bahwa patung Gangnam Style merupakan pahatan penyanyi Psy yang sedang menari. Akan tetapi, sebuah unggahan yang dibuat oleh pengguna X mematahkan anggapan warganet dunia mengenai patung Gangnam Style.

Pengguna X tersebut mengekspresikan kekagumannya terhadap sebuah patung yang dia lihat saat mengunjungi Seoul. Patung tersebut berbentuk dua tangan raksasa yang saling bertumpu. Menurut sang pengguna X, dia menyukai patung tersebur karena tampak lembut dan anggun.

Oleh karena itu, sang pengguna X merasa sangat terkejut saat mengetahui bahwa patung yang dia kagumi merupakan patung Gangnam Style. Bila diperhatikan dengan saksama, patung tersebut memang menampilkan dua tangan raksasa dengan pose seperti salah satu gerakan ikonik dari tarian "Gangnam Style".

"Kami berjalan melewati patung ini dan saya sangat menyukainya karena patung itu terlihat lembut meski berukuran besar dan saya benar-benar terpukau. Kemudian saya mengetahui bahwa itu adalah patung yang dibuat untuk mengenang Gangnam Style," tulis sang pengguna X sambil mengunggah foto patung Gangnam Style, seperti dilansir Koreaboo pada Selasa (19/12/2023).

Pengguna X tersebut mengungkapkan bahwa dirinya saat itu memang sedang berjalan-jalan untuk melihat patung Gangnam Style. Akan tetapi, dia membayangkan bahwa patung Gangnam Style akan terlihat seperti pahatan fiberglass yang menampilkan sosok Psy dengan gaya kartun.  

"Saya jauh lebih menyukainya (setelah tahu bentuk asli patung Gangnam Style)," tulis sang pengguna X.

Unggahan tersebut mendapatkan respons yang beragam dari warganet. Sebagian besar warganet dunia juga merasa terkejut saat melihat rupa asli patung Gangnam Style dari foto.

"Ini adalah karya seni yang indah," ungkap seorang warganet.

Patung Gangnam Style memiliki tinggi sekitar 5 meter dengan lebar sekitar 8 meter. Patung perunggu ini merupakan representasi kreatif dari gerakan menunggang kuda dalam tarian "Gangnam Style" yang ikonik.

Bila dilihat dari atas, patung Gangnam Style akan tampak seperti tangan yang sedang merengkuh bola dunia. Ini merupakan simbol bahwa lagu "Gangnam Style" berhasil mendapatkan perhatian besar di berbagai belahan dunia.

Tak hanya tampak cantik, patung yang disertai sensor ini juga interaktif dan memiliki elemen dinamis. Patung ini akan memainkan lagu "Gangnam Style"dan memancarkan sorotan lampu secara otomatis ketika orang-orang berada di dekat patung tersebut.

Patung Gangnam Style dibangun di Seoul sebagai sebuah simbol yang mencerminkan budaya serta sejarah, seperti patung "Charging Bull" di New York dan "Piccadilly Circus" di London. Patung Gangnam Style awalnya dibangun sebagai bentuk penghargaan terhadap lagu yang sangat terkenal dalam sejarah K-pop. Namun berkat unggahan dari pengguna X, patung tersebut kini juga semakin dihargai sebagai karya seni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement