Senin 15 Jul 2024 21:24 WIB

Survei: Grup K-Pop BTS Dinilai Paling 'Layak' Mewakili Korea Selatan

BTS telah mengukuhkan diri mereka sebagai ikon pop abad ke-21.

Rep: Mgrol152/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan BTS dianggap sebagai penyanyi yang paling mewakili Korea Selatan.
Foto: @amas/Instagram
Grup K-pop BTS. Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan BTS dianggap sebagai penyanyi yang paling mewakili Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan BTS dianggap sebagai penyanyi yang paling mewakili Korea Selatan. BTS atau Bangtan Sonyeondan adalah grup Korea Selatan yang dinominasikan untuk Grammy dan telah menarik hati jutaan penggemar di seluruh dunia sejak debutnya pada Juni 2013.

Anggota boyband BTS yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Dilansir dari situs Big Hit Music, BTS mendapatkan pengakuan atas musik mereka yang autentik dan diproduksi sendiri, penampilan terbaik, dan cara mereka berinteraksi dengan para penggemarnya. BTS telah mengukuhkan diri mereka sebagai ikon pop abad ke-21 yang telah memecahkan banyak rekor dunia.

Baca Juga

BTS telah dinominasikan untuk Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik untuk Grammy Awards ke-63 dan diakui dengan berbagai penghargaan bergengsi seperti Billboard Music Awards, American Music Awards, dan MTV Video Music Awards. BTS juga memberikan pengaruh positif melalui berbagai kegiatan seperti kampanye Love Myself dan pidato PBB "Speak Yourself".

Dikutip dari laman Allkpop dalam sebuah forum daring, warganet mendiskusikan survei 2024 yang berjudul "Siapakah penyanyi yang mewakili Korea?" yang mencakup tanggapan dari 1.000 anggota masyarakat Korea Selatan. Para responden dipilih dari berbagai rentang usia dan wilayah di seluruh semenanjung selatan.

Survei tersebut menunjukkan bahwa BTS adalah artis yang paling sering disebut di setiap kategori usia, mulai dari remaja mulai dari usia 18 tahun, hingga mereka yang berusia 20-an, 30-an, 40-an, 50-an, 60-an, dan bahkan mereka yang berusia 70 tahun ke atas. Mengikuti BTS dengan perolehan suara sebanyak 61 persen, artis-artis lainnya yang paling sering disebut adalah Cho Yong-pil sebanyak 21 persen bersamaan dengan Lim Young-woong, Na Hoon-ah dengan jumlah 20 persen, Blackpink dengan jumlah 18 persen, IU dengan jumlah 16 persen, New Jeans dengan jumlah 12 persen, PSY dengan jumlah 10 persen, dan Lee Mi-ja dengan jumlah 10 persen.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 6 dari 10 remaja berusia 18 dan 19 tahun memilih BTS sebagai jawaban mereka. Artis lain yang menerima kurang dari 10 persen suara termasuk Nam Jin, IVE, aespa, Lee Hyori, dan banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement