Selasa 14 Nov 2023 23:19 WIB

Jungkook BTS 'Geser' Rekor PSY dengan ‘Standing Next to You’ di Billboard

Lagu utama dari album Golden 'Standing Next to You' merajai tangga lagu Billboard.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Jungkook membuat sejarah baru di industri musik dengan debut lagu solo terbarunya, Standing Next to You.
Foto: Dok. BigHit
Jungkook BTS. Jungkook membuat sejarah baru di industri musik dengan debut lagu solo terbarunya, Standing Next to You.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi sekaligus penulis lagu Jungkook BTS membuat sejarah baru di industri musik dengan debut lagu solo terbarunya, "Standing Next to You”. Lagu utama dari album Golden ini langsung merajai tangga lagu Billboard.

Untuk pekan yang berakhir pada 18 November, lagu ini berhasil menduduki posisi nomor satu di Global 200 dan Global Excl US, yang menjadikan Jungkook sebagai solois Korea pertama meraih peringkat teratas di kedua tangga lagu tersebut dengan tiga lagu yang berbeda. Jungkook juga mencatatkan posisi nomor lima di Billboard Hot 100, yang menandai kesuksesan luar biasa bagi solois asal Korea. Sebelumnya, dia telah mendominasi tangga lagu dengan "Seven" dan "3D".

Baca Juga

Menurut catatan Billboard, "Standing Next to You" juga menandai lain bagi Jungkook sebagai entri nomor satu pertamanya tanpa adanya kolaborasi artis pendukung, berbeda dengan "Seven" dan "3D" yang melibatkan Latto dan Jack Harlow. Sebagai tambahan prestasinya, Jungkook berhasil memecahkan dua rekor yang sebelumnya dipegang oleh PSY di tangga lagu Billboard.

Dengan total 10 lagu yang masuk dalam 100 Tangga Lagu Populer, Jungkook kini melampaui pencapaian PSY. Dilansir Soompi pada Selasa (14/11/2023), prestasi ini menjadikannya solois Korea dengan entri 100 Terpopuler terbanyak. Selain itu, posisi nomor satu "Standing Next to You" di Billboard Hot 100 menunjukkan kepopuleran lagu tersebut di Amerika Serikat.

Tidak hanya sukses di tangga lagu, "Standing Next to You" juga memimpin bagan Penjualan Lagu Digital Billboard dengan 84 ribu unduhan terjual dalam minggu pertama perilisannya. Lagu ini juga menduduki posisi nomor 25 di bagan Streaming Songs. Pencapaian ini semakin mengukuhkan posisi Jungkook di industri musik internasional. Jungkook kembali menduduki peringkat nomor dua di Billboard's Artist 100, yang menandai minggu ke-13 berturut-turut keberadaannya di bagan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement