Rabu 28 Feb 2024 15:25 WIB

Jungkook Susul BTS dan Psy Masuk Top 10 Chart Global IFPI

Jungkook BTS berhasil menduduki posisi 10 dengan lagu 'Seven'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Jungkook berhasil menduduki posisi ke-10 dalam chart IFPI.
Foto: Dok. BigHit
Jungkook BTS. Jungkook berhasil menduduki posisi ke-10 dalam chart IFPI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberhasilan Jungkook dari grup K-pop BTS semakin memantapkan dominasinya di panggung musik global. Menurut Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI), Jungkook berhasil menduduki posisi ke-10 dalam chart lagu global tahun 2023 untuk single teratas.

Dilansir The Korea Times pada Rabu (28/2/2024), Jungkook berhasil meraih peringkat nomor 10 dengan single debut solonya, "Seven". Keberhasilannya ini menempatkannya sebagai satu-satunya artis Korea yang masuk dalam 10 besar chart tersebut.

Baca Juga

Di puncak chart, lagu "Flowers" milik Miley Cyrus menduduki posisi tertinggi, diikuti "Kill Bill" milik SZA berada di peringkat nomor 3, dan "As It Was" milik Harry Styles menempati peringkat nomor 5.

IFPI mengompilasi chart berdasarkan data dari streaming langganan berbayar, unduhan lagu tunggal, dan faktor-faktor lainnya. Keberhasilan Jungkook mencapai 10 besar ini menjadi tonggak sejarah karena dia menjadi solois Korea pertama yang mencapai prestasi ini dalam 11 tahun terakhir, sejak Psy.

 

Psy, yang merupakan artis Korea pertama yang berhasil masuk dalam chart IFPI pada 2012, membuka jalan bagi BTS untuk meraih prestasi serupa pada 2020 dengan "Dynamite" dan pada 2021 dengan "Butter". Single Jungkook, "Seven" memulai debutnya secara mengesankan dengan langsung menduduki peringkat nomor 1 dalam chart single utama Hot 100 Billboard AS, setelah dirilis pada Juli tahun sebelumnya.

Capaian itu membuktikan popularitas Jungkook. Kesuksesan ini juga ditunjukkan dengan mencapai peringkat nomor 3 dalam tangga lagu British Official Singles Top 100. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Jungkook dan BTS, tetapi juga menjadi bukti kuat akan daya tarik dan pengaruh besar musik K-pop di panggung internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement