Senin 18 Dec 2023 16:10 WIB

Perlakuan Jungkook BTS ke Anjing Peliharaannya Jadi Sorotan, Dipuji karena tak Lakukan Ini

Jungkook BTS memiliki anjing jenis Doberman bernama Bam.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Jungkook memperlakukan anjing peliharaannya bernama Bam dengan sangat baik.
Foto: Dok. BigHit
Jungkook BTS. Jungkook memperlakukan anjing peliharaannya bernama Bam dengan sangat baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota termuda grup K-pop BTS, Jungkook, saat ini tengah melaksanakan tugas wajib militer (wamil) hingga 2025. Namun, para Army alias penggemar BTS tak pernah kehilangan topik bahasan tentang idolanya.

Kali ini, bahasan yang mengemuka adalah tentang bagaimana Jungkook memperlakukan hewan peliharaannya. Penyanyi 26 tahun itu memiliki anjing peliharaan bernama Bam dan sangat menyayanginya. Dia juga sering melakukan siaran live bersama Bam.

Baca Juga

Dikutip dari laman Koreaboo, Senin (18/12/2023), Jungkook pertama kali memperkenalkan Bam yang merupakan anjing jenis Doberman di acara "BTS In The Soop 2". "Meskipun tubuhnya besar, dia masih bayi," kata Jungkook kala itu. 

Langsung saja, Bam mencuri hati Army di seluruh dunia. Doberman adalah ras anjing yang sangat energik dan dikenal karena penampilan yang garang dan elegan. Ras ini awalnya dibiakkan untuk menjadi anjing penjaga dan sifat itu juga terlihat pada Bam.

Suatu ketika, Jungkook menyadari sifat protektif itu. Dia menanggapinya dengan memberi tahu Bam bahwa anjing itu tak perlu selalu mengkhawatirkannya. "Kamu tidak perlu waspada. Saya bisa melindungi diri saya sendiri," ucap Jungkook kepada Bam.

Meski protektif, Doberman adalah anjing yang manis dan penuh kasih sayang. Secara fisik, anjing ini mungkin terlihat tangguh karena postur tubuh yang tegap dan penampilan yang umumnya dikenal dengan telinga terangkat. Namun, ras anjing ini menyenangkan diajak bermain dan senang tinggal dengan keluarga.

Jungkook membuktikan dengan cara sederhana bahwa dia tidak seperti pemilik anjing lain dari ras yang sama. Dia menghargai "martabat" Bam dengan tidak memotong telinga atau ekornya. Anjing itu masih memiliki ciri-ciri alami seperti Doberman.

Pemotongan telinga mengacu pada proses pembedahan mengubah atau menghilangkan seluruh telinga anjing dan menempelkannya agar berdiri tegak. Hal ini secara historis dilakukan untuk mempersulit anjing untuk ditangkap dan memberikan penampilan yang mengintimidasi untuk melindungi pemiliknya.

Hal itu dilakukan berdasarkan preferensi pemiliknya. Namun, prosesnya diketahui menyakitkan bagi hewan karena sebagian besar telinga luarnya dipotong. Akibatnya, tindakan tersebut dikategorikan ilegal di banyak negara, termasuk Inggris dan Wales.

Pemotongan ekor atau docking tail juga sering dilakukan pada Doberman untuk tujuan estetika dan mengurangi kemungkinan cedera. Namun, itu juga menyakitkan dan berpotensi traumatis bagi anjing, terutama jika pembedahan tidak ditangani dokter hewan yang tepat.

Tidak mengherankan, Jungkook mendapat banyak pujian online atas pilihannya memperlakukan Bam. Selain itu, sebelum pergi wamil Jungkook memberi tahu penggemar lewat siaran Weverse bahwa Bam tetap diurus dengan baik dan tak akan ditelantarkan selama dia bertugas.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement