Rabu 13 Dec 2023 16:36 WIB

Permintaan 4 Member BTS Sebelum Wamil Dikabulkan Fans, Apa Itu?

Tindakan fans BTS, Army, mendapatkan pujian dari warganet Korea.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Seluruh member BTS berpose ketika mengantar RM dan V menuju kamp militer. Army mendapat pujian dari warganet Korea karena mengabulkan permintaan terakhir BTS untuk tidak memgantar mereka wamil.
Foto: Dok. X/BTS_twt
Seluruh member BTS berpose ketika mengantar RM dan V menuju kamp militer. Army mendapat pujian dari warganet Korea karena mengabulkan permintaan terakhir BTS untuk tidak memgantar mereka wamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua member BTS kini terdaftar di akademi militer. Keberangkatan terakhir BTS dilakukan oleh Jimin dan Jungkook ke kamp pelatihan sekitar pukul 13.30 di Yeoncheon-gun, Provinsi Gangwon, tempat Divisi Infanteri ke-5 Angkatan Darat berada. 

Dilansir All Kpop, Rabu (13/12/2023), suasana meriah terlihat saat keluarga para member mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai saat memasuki kamp pelatihan. Namun kehadiran fandom setia BTS, Army, relatif "tidak terlihat".

Baca Juga

Sebagai grup yang memiliki basis penggemar besar, suasana saat itu cukup tenang dan tidak ada kehebohan dari fans. Tampaknya ini lantaran permintaan terakhir BTS saat live Weverse. Kala itu, RM, Jimin, V, dan Jungkook meminta Army agar tidak datang saat mereka menuju kamp militer.

Hanya ada segelintir penggemar internasional dari negara-negara seperti Thailand dan Jepang yang menantikan pendaftaran Jimin dan Jungkook. Namun dampaknya tetap tidak mencolok, tidak menyebabkan gangguan pada lalu lintas dan kerumunan.

Baca juga: Penampilan Member BTS Sebelum dan Jelang Wamil, Nomor 3 Misterius Banget

Untuk mengantisipasi potensi kerumunan, agensi BTS, BigHit Music telah menetapkan sikap yang jelas. "Upacara penerimaan adalah kesempatan bagi personel militer dan keluarga mereka. Kami menyarankan para penggemar untuk menghindari mengunjungi situs tersebut untuk mencegah gangguan apa pun. Harap simpan dukungan dan harapan hangat di hati kalian," kata dia.

Menghargai panduan ini, fandom secara kolektif memilih untuk memperhatikan pesan tersebut, dan tidak hadir. Warganet Korea terkesan dengan Army yang menepati janji mereka dan tidak muncul di lokasi pelatihan. Mereka berkomentar, "Saya bangga dengan Army. Saya pikir sungguh menakjubkan bagaimana fandom juga menepati janji mereka dan tidak muncul di lokasi pelatihan."

"Para penggemar (Army, Red) sangat baik, mereka tidak muncul. Pada saat ada begitu banyak fandom yang tidak mendengarkan tetapi Army sangat baik," kata warganet Korea.

Dengan masuknya Jimin dan Jungkook, BTS secara resmi memasuki masa jeda wajib militer kolektif. Perkiraan tanggal keluarnya RM, V, Jimin, dan Jungkook pada Juni 2025. Baik BTS maupun label manajemen mereka berharap dapat melanjutkan aktivitas skala penuh pada 2025.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement