Kamis 25 May 2023 14:09 WIB

Suga BTS Tiba di Indonesia, Ini Deretan Musisi yang Pernah Kolaborasi Dengannya

Suga tidak hanya seorang rapper tapi juga produser musik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Suga BTS. Ada beberapa musisi yang pernah berkolaborasi dengan Suga BTS.
Foto: Instagram/@agustd
Suga BTS. Ada beberapa musisi yang pernah berkolaborasi dengan Suga BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menjadi salah satu negara yang disinggahi musisi Korea Selatan, Suga BTS, dalam rangkaian tur musik "D-Day". Konser Suga bakal berlangsung pada 26-28 Mei 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Suga sudah tiba di Indonesia pada Rabu (24/5/2023) malam.

Memulai debutnya di industri musik dengan menjadi personel grup K-pop BTS, kini Suga sudah dikenal sebagai musisi penuh talenta. Sebab, pria 30 tahun yang juga dikenal dengan nama Min Yoon-gi dan Agust D itu tak hanya seorang rapper, tapi juga menciptakan dan memproduseri banyak rekaman musik.

Baca Juga

Oleh media Korsel, Suga dijuluki "The Hand of Midas". Dalam mitologi Yunani, Raja Midas adalah sosok yang bisa mengubah apa pun yang disentuhnya menjadi emas. Begitu pun dengan Suga, yang dari tangannya lahir berbagai karya "emas" yang berharga dan selalu jadi hit.

Sepanjang kariernya, Suga sudah berkolaborasi dengan banyak musisi. Selain dengan BTS atau kolaborasi dengan pihak lain lewat grup tersebut, Suga pun punya proyek musik sendiri bersama sejumlah musisi, baik di Korsel maupun negara lain. Berikut daftarnya:

1. Psy

photo
Musisi Korea Selatan, Psy. - (REUTERS/Tim Wimborne)

 

Suga berduet dengan musisi Korsel Psy di lagu "That That", sekaligus menjadi produsernya. Mereka berdua menulis lagu itu bersama, lantas termuat dalam album Psy yang berjudul Psy 9th. Video klip "That That" yang juga menampilkan Suga disimak lebih dari 30 juta kali dalam 24 jam setelah dirilis, serta melampaui 100 juta view dalam sepekan.

2. Halsey

photo
Penyanyi Halsey. - (EPA-EFE/RAUL CARO CARDENAS)

 

Penyanyi Amerika Serikat ini berkolaborasi dengan Suga di lagu "Suga's Interlude" yang rilis sebagai single pada Desember 2019. Tembang itu kemudian termuat di album ketiga Halsey yang berjudul Manic rilisan 2020. Sebelumnya, Halsey juga sudah pernah berkolaborasi dengan BTS untuk lagu "Boy with Luv" yang rilis pada April 2019.

3. Ryuichi Sakamoto

photo
Komposer dan pianis kondang asal Jepang, Ryuichi Sakamoto. - (EPA-EFE/PHILIPP GUELLAND)

 

Mendiang komposer dan pianis kondang asal Jepang ini merupakan salah satu musisi yang diidolakan oleh Suga. Sebelum perilisan album D-Day, Suga secara personal menyambangi Sakamoto yang saat itu masih hidup. Suga meminta Sakamoto berkolaborasi dengannya untuk lagu "Snooze" di album D-Day. Ketika Sakamoto berpulang pada 28 Maret 2023, Suga memberikan penghormatan terakhirnya kepada sosok yang dia hormati itu.

4. Heize

photo
Heize - (Soompi)

 

Pada 2019, penyanyi perempuan Korsel Heize merilis lagu berjudul "We Don't Talk Together", menyanyikannya bersama Giriboy. Lagu tersebut diproduseri oleh Suga. Tembang bergenre R&B/Soul itu menjadi nominasi dalam kategori penampilan kolaborasi terbaik di ajang MNET Asian Music Award 2019.

5. IU

photo
Musisi Korea Selatan, IU. - (EPA-EFE/JEON HEON-KYUN)

 

Solois perempuan Korsel, Lee Ji-eun atau yang lebih dikenal dengan nama IU sudah dua kali berkolaborasi dengan Suga. Pertama, pada single berjudul "Eight" rilisan 2020 silam. Kolaborasi mereka juga ada di lagu "People Part 2". Namun, di lagu yang termuat pada album D-Day tersebut, Suga memakai nama Agust-D.

Masih banyak deretan nama musisi lain yang pernah berkolaborasi dengan Suga. Sebut saja penyanyi perempuan Korsel Suran dan trio hiphop Korsel Epik High. Di album solonya, D-Day, Suga juga melibatkan saudara-saudaranya di BTS dalam pembuatan lagu maupun menyanyikannya, yakni J-Hope dan sang leader, RM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement