Senin 11 Dec 2023 00:25 WIB

Ada Peran Barack Obama di Balik Mencekamnya Film Leave the World Behind

Masukan dari Obama dinilai mampu membuat film fiksi ini benar-benar terasa nyata.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Leave the World Behind.
Foto: Dok. Netflix
Salah satu adegan di film Leave the World Behind.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Leave the World Behind berhasil menghadirkan ketegangan dan kengerian dengan kompleksitas ceritanya. Siapa sangka, ada peran Presiden ke-44 AS Barack Obama di balik mencekamnya film garapan sutradara Sam Esmail tersebut.

Leave the World Behind merupakan film bergenre apokaliptik dan thriller psikologis yang didasarkan pada novel berjudul sama karya Rumaan Alam. Sejak dirilis pada 22 November 2023, film ini menuai banyak pujian karena mampu menghadirkan keseimbangan antara ketegangan, realisme, hingga cerita yang kompleks.

Baca Juga

Film ini berkisah mengenai dua keluarga yang dipertemukan oleh krisis akibat pemadaman listrik tanpa sebab. Mereka harus bertahan hidup di tengah situasi dan konflik yang semakin tak terkendali.

Obama dan istrinya, Michelle, ternyata ternyata memainkan andil yang besar dalam film Leave the World Behind. Betapa tidak, film ini dibuat oleh rumah produksi yang dimiliki oleh Obama dan Michelle, yaitu Higher Ground.

 

Selain itu, Obama juga terlibat langsung dalam proses pembuatan naskah film Leave the World Behind. Selama proses penulisan naskah, Obama kerap memberikan masukan dan catatan yang mendetail.

Dalam pengembangan karakter misalnya, Obama ikut berperan dalam menghadirkan interaksi yang kompleks dan mendalam di antara para karakter. Tak jarang, Obama juga memberikan masukan dan kritik ketika menemukan alur cerita yang dia rasa kurang masuk akal.

Selain itu, Obama turut memberikan pengaruh paling besar dalam pengembangan cerita terkait kekacauan teknologi yang dihadapi oleh para karakter dalam film. Kekacauan teknologi yang terjadi di dalam film ini dikembangkan langsung berdasarkan pengalaman Obama selama menjabat sebagai presiden.  

Sang sutradara, Esmail, menilai masukan dari Obama mampu membuat film fiksi ini benar-benar terasa nyata dan realistis. Pria keturunan Arab-Amerika tersebut juga mengungkapkan bahwa Obama merupakan penggemar berat film dan buku. Oleh karena itu, masukan yang diberikan oleh Obama bukan hanya berdasarkan pengalamannya sebagai seorang presiden, tetapi juga kecintaannya terhadap karya film dan buku, seperti dilansir ScreenRant pada Ahad (10/12/23).

Film bergenre apokaliptik ini dinilai berhasil menyentuh sejumlah isu sosial yang pelik. Sebagian di antaranya adalah isu mengenai ras dan konflik antarkelas masyarakat. Beragam hal inilah yang membuat Leave the World Behind menjadi film yang mengerikan karena terasa sangat realistis.

Selain memiliki alur cerita dan naskah yang sangat kuat, film Leave the World Behind juga didukung oleh banyak bintang besar. Sebagian di antaranya adalah Julia Roberts, Ethan Hawke, Mahershala Ali, dan Kevin Bacon.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement