Senin 11 Dec 2023 13:00 WIB

Nonton Film Hamka & Siti Raham (Vol 2), Begini Kesan Ustaz Erick Yusuf

Peran istri Buya Hamka, yakni Siti Raham, mengemuka dalam cerita.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Foto adegan Film Hamka & Siti Raham (Vol 2). Ustaz Erick Yusuf mengapresiasi film ini yang menyoroti kehidupan ulama Indonesia Buya Hamka dengan mendalam.
Foto: Dok Falcon Pictures
Foto adegan Film Hamka & Siti Raham (Vol 2). Ustaz Erick Yusuf mengapresiasi film ini yang menyoroti kehidupan ulama Indonesia Buya Hamka dengan mendalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Erick Yusuf mengapresiasi film Hamka & Siti Raham (Vol 2) yang menyoroti kehidupan ulama Indonesia Buya Hamka dengan mendalam. Sang pendakwah juga menyebut sinema ini langka sebab peran istri Buya Hamka, yakni Siti Raham, mengemuka dalam cerita.

"Film ini sangat indah, tentang Buya Hamka, tokoh multidimensional dan seorang tokoh besar, tapi juga menonjolkan peran Siti Raham. Benar-benar mencuri pandangan dan perhatian dengan kemunculan Siti Raham, tidak hanya supporting," kata Ustaz Erick.

Baca Juga

Menurut Ustaz Erick, para perempuan Muslim di Indonesia bisa mengambil pelajaran dari sosok Siti Raham yang digambarkan dalam film. Penggambaran Siti Raham sebagai perempuan tangguh yang meneduhkan dan selalu setia mendampingi Buya Hamka disebut Ustaz Erick sebagai bentuk dakwah yang luar biasa.

Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam Majelis Ulama Indonesia (LSBPI MUI) itu menyampaikan pendapatnya soal film pada momen gala premier Hamka & Siti Raham (Vol 2). Kegiatan berlangsung di CGV Grand Indonesia, Jakarta, akhir pekan lalu.

 

Hamka & Siti Raham (Vol 2) yang segera tayang pada 21 Desember 2023 merupakan hasil kolaborasi rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision. Sinema tersebut merupakan bagian kedua dari trilogi film Buya Hamka, sementara film pertamanya sudah tayang di bioskop Indonesia pada April 2023.

Selain film kedua, Ustaz Erick juga sudah menyimak film pertamanya. Ustaz Erick mengaku bangga dan bahagia melihat respons penonton untuk kedua sinema tersebut. Dia berharap film itu bisa mengajak semua penonton untuk meneladani sosok Buya Hamka.

Semasa hidupnya, Buya Hamka yang memiliki nama asli Abdul Malik Karim Amrullah Datuk Indomo dikenal sebagai ulama, wartawan, sastrawan, politikus, serta merupakan Ketua MUI yang pertama. Ustaz Erick menyebut Buya Hamka sebagai tokoh pemersatu umat.

Bagi Ustaz Erick, Hamka & Siti Raham (Vol 2) bukanlah film religi, namun tayangan yang bersifat universal. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pribadi Buya Hamka, termasuk kelapangan hati meski difitnah dan diserang banyak pihak.

"Seorang ulama yang betul-betul tulus, hadir menebarkan kebaikan. Guru bangsa tauladan kita semua. Indonesia sangat membutuhkan sosok seperti ini, semoga akan ada "Buya Hamka"-"Buya Hamka" lain di negeri ini," tutur Ustaz Erick.

Hamka & Siti Raham (Vol 2) disutradarai oleh Fajar Bustomi dan dibintangi oleh Vino G Bastian serta Laudya Cynthia Bella. Momen gala premiere film dihadiri sekitar lima ribu orang, diawali dengan penampilan Dewa Budjana dan Putri Ariani membawakan lagu "Cintaku Untukmu" yang menjadi original soundtrack dari film.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement