Senin 11 Dec 2023 00:39 WIB

Yang tak Boleh Dilakukan Orang Tua Ketika Marah dengan Anak

Ketika rasa marah tersulut, orang tua terkadang mengekspresikannya tanpa kontrol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tua mrmarahi anak (ilustrasi). Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan orang tua kepada anak ketika marah.
Foto: Foto : Mardiah
Orang tua mrmarahi anak (ilustrasi). Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan orang tua kepada anak ketika marah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap orang tua pernah merasa marah kepada anaknya. Marah pada dasarnya merupakan emosi yang alami dan bisa memberikan dampak positif bila ditempatkan secara tepat. Namun, amarah juga bisa memberikan dampak negatif bila diekspresikan tanpa kontrol diri.

Menurut organisasi pengasuhan anak Raising Children, ada beragam alasan yang bisa menyebabkan orang tua merasa marah. Seperti diketahui, membesarkan anak merupakan sebuah pekerjaan yang besar dan penting.

Baca Juga

"Sering kali orang tua harus menyeimbangkan banyak tuntutan, termasuk tuntutan pekerjaan, waktu dengan keluarga, melakukan pekerjaan rumah, mengikuti aktivitas anak-anak, dan melakukan aktivitas sosial," jelas Rising Children melalui laman resmi mereka, seperti dikutip Republika.co.id pada Ahad (10/12/23).

Di tengah beragam tuntutan yang harus dipenuhi ini, ada kalanya orang tua kehilangan kesabaran. Tak jarang, orang tua bisa merasa marah ketika situasi tak berjalan sesuai rencana.

Terkadang, rasa marah dan frustrasi juga bisa disebabkan oleh pasangan. Misalnya, karena ada ketidaksepakatan terkait cara membesarkan dan mendisiplinkan anak.

Rasa marah pada orang tua juga bisa muncul karena perilaku anak. Sebagai contoh, anak berbicara tidak sopan atau tidak mau menurut.

"Dan ada faktor lain yang bisa membuat Anda (orang tua) untuk merasa marah, seperti penyakit, stres di pekerjaan, kesulitan finansial, kurang tidur, dan minimnya waktu untuk memperhatikan diri sendiri," ujar Rising Children.

Ketika rasa marah tersulut, orang tua terkadang mengekspresikannya tanpa kontrol pada anak. Emosi dan amarah tak terkendali yang diluapkan oleh orang tua kepada anak bisa memunculkan sejumlah dampak buruk bagi anak. Terlebih, bila amarah tersebut telah berkembang menjadi penyiksaan.

"Orang tua bisa mengekspresikan marah mereka dengan kehilangan kesabaran, membentak anak, atau bahkan menyiksa anak secara fisik, verbal, atau emosional," ujar Medical News Today melalui laman resmi mereka.

Luapan amarah yang tak terkontrol bisa menyakiti anak dan membuat anak merasa bahwa mereka adalah sumber masalah dari kemarahan orang tua. Kondisi ini bisa mendorong anak untuk merasa bahwa diri mereka tidak berharga.

Tak hanya itu, amarah orang tua yang tak terkontrol juga dapat membuat anak merasa tertekan. Rasa tertekan ini bisa mempengaruhi proses perkembangan otak mereka.

"Tumbuh besar dengan dikelilingi oleh amarah merupakan faktor risiko dari penyakit mental di kemudian hari," ujar Medical News Today.

Saat marah, orang tua mungkin berpikir bahwa mereka harus segera mengambil sebuah tindakan untuk "mengajarkan" sesuatu pada anak. Akan tetapi, hal ini sangat tidak disarankan oleh psikolog klinis Laura Markham PhD.

"Anda berpikir seperti itu karena dipengaruhi amarah Anda," kata Markham, seperti dilansir Psychology Today.

Baca juga: Mengapa Ketika Marah di Posisi Berdiri Dianjurkan untuk Duduk dalam Islam?

Meski marah merupakan hal yang wajar, Markham mengatakan ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan orang tua kepada anak ketika marah. hal-hal tersebut adalah memukul, berkata kasar, menyebut anak dengan kata-kata tidak baik, memberi hukuman, dan berteriak.

"Bila Anda benar-benar butuh teriak, masuk ke mobil Anda dalam kondisi jendela tertutup dan teriak, teriaklah di tempat orang lain tidak bisa mendengar Anda, jangan gunakan kata-kata karena itu hanya akan membuat Anda lebih marah. Teriak saja," ujar Markham.

Kemampuan orang tua dalam mengendalikan diri saat marah juga dapat menjadi pelajaran penting bagi anak. Anak akan memahami bahwa marah merupakan hal yang normal namun bisa dikelola. Agar bisa menjadi contoh yang baik, berikut ini adalah lima hal yang bisa dilakuakn orang tua untuk mengelola amarah, menurut Raising Children dan Markham:

1. Identifikasi sumber masalah

Sebelum mengelola amarah, ketahui dulu dari mana sumber marah itu berasal. Terkadang, pemicu amarah sebenarnya bukan berasal dari anak, melainkan dari diri sendiri.

2. Tenangkan diri

Bila tanda-tanda marah mulai muncul, coba lakukan hal-hal yang bisa membantu menenangkan diri. Sebagai contoh, bernapas dengan perlahan, menutup telinga dengan earphone bila anak bersuara keras, atau berjalan sebenar ke luar bila ada orang lain yang bisa menjaga anak di rumah.

3. Tunggu sebelum mendisiplinkan

Bila orang tua marah karena perilaku anak, tunggu dan tenangkan diri sebelum mendisiplinkan anak. Setelah lebih tenang, ajak anak duduk bersama dan berikan pemahaman kepada anak bahwa perilaku mereka salah. Berikan pula mereka ruang untuk menyampaikan apa yang mereka rasakan.

"Respons dengan batasan (atau pendisiplinan) yang masuk akal, bisa dilakukan, dan tetap respectful," ujar Markham.

Nomor 4: Jangan pernah main fisik...lanjutkan membaca>> 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement