Rabu 20 Dec 2023 11:40 WIB

Vino G Bastian Ungkap Alasan Anak-Anak Perlu Tonton Hamka & Siti Raham

Vino G Bastian menjadi pemeran utama Hamka & Siti Raham.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Vino G Bastian saat ditemui di press screening Hamka & Siti Raham, Jakarta, Selasa (19/12/2023). Menurut Vino, gerbang utama sensor film adalah loket penjualan tiket.
Foto: Dok. Republika/Rahma Sulistya
Aktor Vino G Bastian saat ditemui di press screening Hamka & Siti Raham, Jakarta, Selasa (19/12/2023). Menurut Vino, gerbang utama sensor film adalah loket penjualan tiket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film terbaru produksi Falcon Pictures dan Starvision, Hamka & Siti Raham, masuk dalam kategori semua umur. Aktor yang berperan sebagai Buya Hamka, Vino G Bastian, mengatakan, film ini akan memberikan pesan keteladanan bagi anak-anak.

 

Baca Juga

Hamka & Siti Raham sudah diputar perdana di 30 kota. Melihat banyak anak-anak yang antusias ikut menonton, Vino menyerukan agar orang tua tetap ikut mendampingi.

 

"Film ini memang semua umur, tapi tetap butuh pendampingan karena ada bagian yang bisa dengan mudah diterima anak-anak, tapi ada juga yang butuh penjelasan orang tuanya," papar Vino saat ditemui usai press screening Hamka & Siti Raham di XXI Epicentrum Jakarta, Selasa (19/12/2023).

 

Pesan yang bisa diajarkan orang tua kepada anak lewat Hamka & Siti Raham, lanjut Vino, adalah tentang sejarah. Ia menilai belajar sejarah lewat film bagi anak-anak akan lebih enak dibanding lewat buku. Apalagi, mereka lebih sering mengakses informasi lewat gawai.

 

"Ini bisa menjadi media belajar, walaupun buku jangan sampai ditinggalkan," kata Vino yang kini memiliki seorang anak perempuan bersama istrinya, Marsha Timothy, bernama Jizzy Pearl Bastian.

Vino menyebut Hamka & Siti Raham juga memperlihatkan bahwa tokoh-tokoh bangsa di film ini memiliki akhlak yang baik. Tokoh-tokoh yang disoroti ada Presiden RI pertama Soekarno, Buya Hamka, dan sang istri, Siti Raham.

 

"Lalu, anak-anak Beliau yang sangat patuh pada orang tuanya dan mendukung perjuangan orang tuanya di kala ekonomi sulit maupun ketika berkepunyaan. Jadi hal ini bisa masuk ke generasi-generasi yang mungkin belum tahu siapa Buya Hamka," papar Vino.

 

Salah satu yang juga hadir menonton press screening adalah influencer asal Malaysia, Aisyah Hajanah. "Saya sangat suka film kedua ini karena sangat penuh dengan hikmah, mengajar anak-anak muda itu untuk mencintai ilmu bukan hiburan semata," kata dia saat ditemui Republika.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement