Senin 20 Nov 2023 14:40 WIB

JKT48 Kolaborasi dengan SKE 48, Hibur Pengunjung di Jak-Japan Matsuri

Festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023 digelar pada 18 dan 19 November 2023.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Girlband asal Jepang SKE48 hadir di Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023.
Foto: Dok. Republika/Meiliza Laveda
Girlband asal Jepang SKE48 hadir di Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) kembali hadir tahun ini dengan mendatangkan sejumlah artis Jepang. Salah satunya adalah SKE48.

Dalam penampilan perdananya di Indonesia, SKE48 tidak hanya tampil sendiri. Mereka berkolaborasi dengan grup saudarinya, JKT48. 

Baca Juga

Christy JKT48 mengatakan ini pertama kalinya dia tampil bersama kakak-kakak SKE48 dan sangat menyenangkan. "Aku baru ketemu mereka (SKE48), cantik-cantik semua. Mereka sangat baik dan bawain lagu-lagu JKT48, 'Banzai' dan Heavy Rotation' semangat sekali. Banyak penggemar yang juga menantikan kolaborasi kami jadi senang banget," kata dia di JIExpo, Kemayoran, Ahad (19/11/2023) malam.

Kolaborasi ini sangat dinantikan oleh penggemar sejak beberapa tahun lalu. Namun, kesempatan ini baru datang saat di JJM setelah Covid-19 sudah mulai mereda. 

 

"JKT48 memang nggak sering berkolaborasi bersama sister group-nya. Selama pandemi kami jarang banget kolaborasi, tapi kali ini spesial kami bawakan buat pengunjung JJM 2023," ujar Zee JKT48.

Penampilan JKT48 dan SKE48 berhasil memukau penonton. Bahkan, mereka serempak bernyanyi lagu hit, seperti "Fortune Cookie in Love." 

Sebelum tampil, SKE48 dan JKT48 telah melalui sejumlah persiapan matang. Mereka mengaku sempat melakukan latihan secara bersama. 

"Untuk persiapannya, kami menyiapkan diri dulu sebelum bertemu kakak-kakak SKE48. Lalu kami coba latihan bareng mereka. Waktunya nggak lama, cukup memberikan tampilan terbaik," ucap Gita JKT48.

Sebelumnya, JKT48 sempat bertemu dengan SKE48 terlebih dulu dalam sebuah perhelatan di Jepang. Kala itu, JKT48 sedang tampil di Tokyo Idol Festival (TIF). "Pernah ketemu, saat di TIF. Cuma nggak tampil bareng. Semoga ada kesempatan tampil bersama kakak-kakak SKE48 di Jepang," kata Zee.

Festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023 digelar selama dua hari pada 18 dan 19 November di Gambir Expo, area JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Kali ini JJM diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Jepang Indonesia dan didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. JJM mendatangkan sejumlah artis Jepang dan lokal, seperti Yama, Da-Ice, Salma Salsabil, Ramengvrl, Ballistik Boyz, Psychic Fever, JKT48, SKE48, dan banyak musisi lainnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement