Jumat 15 Mar 2024 06:55 WIB

Nasida Ria X JKT48 'Kawinkan' Musik Kasidah dan Pop di Lagu 'Ini Ramadan Kita'

Meski dibentuk pada era 1990-an, grup Nasida Ria kembali viral pada masa sekarang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Nasida Ria x JKT48 berkolaborasi bawakan lagu spesial Ramadhan berjudul Ini Ramadan Kita.
Foto: Dok. Google Indonesia
Nasida Ria x JKT48 berkolaborasi bawakan lagu spesial Ramadhan berjudul Ini Ramadan Kita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Indonesia melahirkan kolaborasi lintas generasi yang unik yaitu Nasida Ria x JKT48. Dua grup musik lintas generasi itu membawakan lagu spesial bulan suci Ramadhan bertajuk “Ini Ramadan Kita”. Musik yang disajikan menyesuaikan dengan kedua karakter grup tersebut antara kasidah dan pop.

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, mengatakan kolaborasi ini dimaksudkan untuk menggandeng semua kalangan untuk menjalani minat, hobi, dan gaya hidup yang terus mengalami evolusi, bersamaan dengan semangat dalam bulan suci Ramadhan. “Musik itu kan universal. Kita bisa mengerti lintas generasi, lintas bahasa, karena musik itu mampu menyentuh hati. Kalau untuk berbicara dari hati ke hati, meningkatkan semangat, paling pas dari musik,” ucap Feliciana dalam peluncuran kolaborasi Nasida Ria x JKT48 di Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

Baca Juga

Pada tahun lalu, Google Indonesia mengajak Nasida Ria bergabung dalam program Ramadhan dan mendapat respons positif dari anak-anak muda. Meskipun grup kasidah ini terbentuk era 1990-an, namun Nasida Ria kembali viral pada masa sekarang lantaran kutipan lagunya mengenai bom nuklir.

Tampil di sejumlah acara-acara anak muda seperti Synchronize Fest, Nasida Ria tampak disukai anak-anak muda hingga banyak yang hafal dengan lagu mereka. Untuk itu, Google Indonesia mencetuskan ide untuk tahun ini agar Nasida Ria kembali diajak bergabung dan dikolaborasikan dengan grup yang memang berasal dari masa sekarang yakni JKT48. 

“Kami senang banget dengan respons sangat positif ketika kolaborasi dengan Nasida Ria tahun 2023. Teman-teman terhibur dengan lagu-lagu Nasida Ria yang legendaris. Makanya dari kerja sama itu, kami ingin bawa lagi kegembiraan. Semoga kolaborasi ini nggak cuma membawa kegembiraan, tapi juga disukai untuk semua kalangan dan usia,” kita Feliciana.

Inisiatif #IniRamadanKita yang merupakan judul lagu kolaborasi mereka itu, adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa ada banyak cara untuk kita menjalankan bulan suci. Siapapun komunitasnya, apapun minatnya, penting untuk terus menjadi diri sejati dan bersatu dalam keberagaman, terutama pada bulan suci Ramadhan.

Shani JKT48 mengatakan, personel Nasida Ria sangat fun ketika syuting bareng dan selalu mengajak mereka ngobrol sehingga tidak ada rasa canggung selama menjalani proses syuting video klip selama satu hari penuh.

“Senang banget bisa kolaborasi bareng Nasida Ria, juga Google Indonesia, terima kasih. Waktu dikasih tahu pertama kali tentang kolaborasi ini, kaget sih karena kami kan banyak yang masih remaja, jadi banyak penyesuaian terutama di musiknya,” kata Shani.

Jika melihat video klip yang diunggah di akun Instagram Google Indonesia serta saluran Youtube Google Indonesia, ada transisi musik antara bagian Nasida Ria dan JKT48. Tetapi semuanya terdengar pas, tidak ada yang terlalu mendominasi, lagunya pun easy listening.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement