Senin 20 Nov 2023 13:56 WIB

Pertama Kali ke Indonesia, SKE48 Heran Orang Indonesia Naik Motor Sampai Tiga Orang

SKE48 terkesan dengan banyaknya jumlah kucing liar di Indonesia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Girlband asal Jepang SKE48 hadir di Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023.
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Girlband asal Jepang SKE48 hadir di Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup idola Jepang SKE48 mengungkapkan hal unik saat kunjungan perdananya ke Indonesia. Mereka heran saat melihat orang Indonesia yang naik motor sampai tiga orang sekaligus. Fenomena ini biasa dikenal dengan triceng.

"Salah satu yang saya lihat unik di Indonesia, orang naik motor bisa sampai tiga orang atau lebih. Unik banget," kata salah seorang anggota Ruka di JIEXpo, Kemayoran, Ahad (20/11/2023) malam.

Baca Juga

Selain fenomena triceng, Ruka juga merasakan cuaca di Indonesia yang lebih panas dibandingkan di Jepang. Suhunya bahkan bisa mencapai lebih dari 30 derajat celsius. 

"Di Indonesia panas banget ya. Kalau di Jepang lagi musim dingin, beda banget. Ohiya, orang Indonesia wajahnya segar banget, itu juga beda dengan Jepang," ujarnya.

Sementara anggota lain, Ayaka sangat terkesan karena di Indonesia banyak terdapat kucing liar. Kucing-kucing liar ini tampak tidak takut dengan manusia.

"Banyak kucing liar ya di jalan dan dekat hotel. Kucing di sini terlihat terbiasa dengan kehadiran manusia. Melihat itu sangat menenangkan hati saya," ucapnya. 

Dalam kunjungan ke Indonesia, SKE48 tampil di acara Jak-Japan Matsuri (JJM). Mereka tampil bersama grup saudarinya JKT48. Gelaran ini dilaksanakan untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang.

"Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi kami. Kami mendapat sambutan yang ramah dan hangat dari penggemar di Indonesia. Sangat membahagiakan," ucap Yuhki. 

Sebelumnya, festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023 kembali digelar selama dua hari pada 18-19 November di Gambir Expo, area JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Kali ini JJM diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Jepang Indonesia dan didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

JJM mendatangkan sejumlah artis Jepang dan lokal, seperti Yama, Da-Ice, Salma Salsabil, Ramengvrl, Ballistik Boyz, Psychic Fever, JKT48, SKE48, dan banyak musisi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement