Senin 20 Nov 2023 13:51 WIB

Idol K-Pop Wanita yang Justru Sukses Setelah Keluar dari Grup

Ada bakat idolK-pop yang justru bersinar ketika solo karier.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Korea Selatan Jeon So Mi atau Somi. Somi termasuk idol K-pop yang justru kariernya bersinar setelah keluar dari grup.
Foto: The Korea Times
Penyanyi Korea Selatan Jeon So Mi atau Somi. Somi termasuk idol K-pop yang justru kariernya bersinar setelah keluar dari grup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri hiburan Korea Selatan identik dengan idol K-pop yang terkenal dengan kualitas vokal maupun tarian yang enerjik. Dengan grup vokal dan tari yang dinamis, energi kolektif para anggota sering kali menghasilkan musik dan penampilan yang menawan. 

Namun, ada kalanya tidak selalu demikian. Sebab ada bakat individu yang dinilai justru lebih bersinar sebagai solois bahkan setelah keluar dari grupnya.

Baca Juga

Berikut daftar artis K-pop wanita yang menjadi solois sukses setelah tidak bersama grupnya, seperti dilansir dari AllKPop, baru-baru ini:

1. Lee Hyori

photo
Lee Hyori - (www.whitegadget.com)

 

Setelah jeda Fin.K.L, Lee Hyori mengambil langkah untuk menjadi solois dengan album debutnya, Stylish, pada 2003. Lagu-lagu hitnya yang menduduki puncak tangga lagu seperti "10 Minutes" dan "U-Go-Girl" menunjukkan kemampuannya untuk membuat musik yang beresonansi dengan penggemar maupun non penggemar.

2. Jeon Somi

photo
Penyanyi K-pop Jeon Somi. - ( EPA-EFE/MATTEO BAZZI)

 

Karier solo Jeon Somi melonjak ke tingkat yang luar biasa setelah pembubaran I.O.I. Single debut solonya, "Birthday", yang dirilis pada tahun 2019, menunjukkan bakat, karisma, dan kemampuan serbabisa sang artis. Sejak itu, dia terus membangun kesuksesannya, merilis hits berikutnya seperti "What You Waiting For", "Dumb Dumb", dan "Fast Forward".

3. Hyolyn

photo
Musisi Korea, Hyolyn. - (@xhyolynx/Instagram)

 

Hyolyn, mantan leader SISTAR, bertransisi dengan mulus menuju karier solo yang sukses. Karakter vokalnya yang kuat dan penampilan panggung uniknya berhasil membedakan Hyolyn dari musisi lain lewat hits seperti "Dally" dan "One Way Love". Itu semua menampilkan sisi seninya yang lebih berani dan dewasa.

4. Chung Ha 

photo
Chung Ha. - (Dok Koreaboo)

 

Chung Ha bersolo karier setelah I.O.I dibubarkan pada 2017. Perpaduan unik Chung Ha antara vokal yang kuat dan keterampilan menari yang serbabisa telah membuat ia punya warna tersendiri di industri K-pop. Judul lagu debutnya, "Why Dont You Know," dan rilisan berikutnya seperti "Gotta Go" dan "Snapping" telah mendapatkan pujian kritis.

5. HyunA

photo
Hyuna 9Muses - (fanshare.com)

 

Mantan Wonder Girls dan anggota 4Minute HyunA menggemparkan dunia K-pop dengan aktivitas solonya dan membawakan lagu hits seperti "Bubble Pop!" dan "I’m Not Cool". Pendekatan HyunA yang berani terhadap musik dan penampilan panggungnya telah menjadikannya sosok yang berpengaruh di industri musik.

6. Sunmi 

photo
Sunmi - (Soompi)

 

Sunmi, mantan anggota Wonder Girls yang ikonik, terjun ke dunia solo dengan gaya yang khas dan karisma yang tak terbantahkan. Dari karier solonya itu lahir hits seperti "24 Hours" dan "Gashina." Musik Sunmi menampilkan ciri khas, membuatnya mendapatkan pengakuan sebagai solois yang kuat.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement