Sabtu 04 Nov 2023 20:28 WIB

Film Gangster Seru, Bisa Jadi Rekomendasi Tontonan Akhir Pekan

Bagi pencinta film bertema gangster beberapa di bawah ini bisa jadi pilihan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The GodFather. Ada beberapa film bertema gangster yang bisa menjadi rekomendasi nonton pada akhir pekan.
Foto: Paramount Pictures
Salah satu adegan di film The GodFather. Ada beberapa film bertema gangster yang bisa menjadi rekomendasi nonton pada akhir pekan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film yang mengisahkan tentang gangster memiliki basis penggemar tersendiri. Banyak film gangster yang diproduksi oleh industri perfilman Hollywood maupun Indonesia.

Aksi laga yang dihadirkan tak mengalahkan kualitas film. Bahkan, beberapa aktor juga sempat dilirik oleh Hollywood. Berikut lima film gangster lokal dan internasional yang bisa Anda tonton, seperti dirangkum Republika.co.id, Sabtu (4/11/2023):

Baca Juga

1. Mean Streets

photo
Salah satu adegan di film Mean Streets. - (Dok. Warner Bros)

 

 

Jika kita berbicara tentang sutradara Martin Scorsese dan produser sekaligus aktor Robert De Niro, Anda harus memulai dengan film Mean Streets. Scorsese membuat debut penyutradaraan film panjangnya pada tahun 1967-an dengan Who's That Knocking at My Door, dibintangi oleh Harvey Keitel.

Keitel kembali untuk film kriminal klasik Scorsese, Mean Streets. Film tahun 1973 ini memberikan kredit penulisan bersama dan cameo kepada Scorsese dan meluncurkan kariernya sebagai pembuat film yang disegani, serta memulai kemitraan jangka panjangnya dengan De Niro.

2. Goodfellas

photo
Salah satu adegan di film Goodfellas. - (Dok. Warner Bros)

 

Salah satu film klasik gangster sepanjang masa adalah Goodfellas. Seperti Mean Streets, Goodfellas juga disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Robert De Niro. Film kriminal tahun 1990 mengadaptasi buku Wiseguy karya Nicholas Pileggi yang menceritakan kisah nyata mafia Henry Hill (Ray Liotta).

Joe Pesci memenangkan Oscar Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai Tommy DeVito dan film tersebut juga mendapatkan nominasi untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik (termasuk untuk Scorsese lagi), Aktris Pendukung Terbaik untuk Lorraine Bracco, dan Penyuntingan Film Terbaik untuk Thelma Schoonmaker.

3. The Godfather, The Godfather Part II, & The Godfather Part III

photo
The Godfather - (ap)

 

Francis Ford Coppola menyutradarai film mafia ikonik, berdasarkan novel Mario Puzo yang mengikuti keluarga Corleone. Al Pacino memerankan Michael Corleone di ketiga film tersebut dengan Robert De Niro memenangkan Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik sebagai Vito Corleone muda di Bagian II. 

Kedua aktor tersebut tidak akan berbagi adegan bersama sampai Heat. The Godfather masih dianggap sebagai salah satu film terhebat dari genre apa pun.

4. The Raid: Redemption (2011)

photo
Salah satu adegan di film The Raid: Redemption. - (Dok. PT Merantau Films)

 

Tak kalah bagus, The Raid: Redemption bisa menjadi pilihan yang cocok bagi penggemar film gangster. Film dibintangi oleh Iko Uwais yang berperan sebagai Rama, anggota polisi dalam regu yang berusaha membongkar sarang narkoba milik mafia bernama Tama Riyadi yang diperankan Ray Sahetapy. Misi ini tidak mudah dan regu harus kehilangan banyak personel. Akan kah misi ini berhasil?

5. Serigala Terakhir (2009)

photo
Salah satu adegan di film Serigala Terakhir. - (Dok. Screenplay Films)

 

Serigala Terakhir adalah sebuah film drama kriminal Indonesia yang dirilis pada 2009. Film yang disutradarai oleh Upi Avianto ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Al Fathir Muchtar, Reza Pahlevi, Robertino, Dion Wiyoko, Dallas Pratama, Ali Syakieb, Fanny Fabriana, Zaneta Georgina , George Rudy, Agustus Melasz dan Ully Artha.

Jarot dan kawan-kawan masa kecilnya memiliki cerita dan kondisi yang sama, membuat satu geng dengan teman-temannya yang lain. Geng mereka bernama Serigala Terakhir. Mereka mempunyai mimpi untuk menjadi mafia terbesar yang bisa mereka raih.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement