Rabu 27 Sep 2023 08:59 WIB

Dilarang Nyanyikan Lagu Koes Plus, T'Koes: Sedih, Lagi Asyik Kenalkan Lagu ke Anak Muda

T'Koes menyatakan akan mematuhi larangan yang diberikan keluarga Koes Plus.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
T-Koes Band menggelar jumpa pers merespon video pelarangan untuk membawakan lagu-lagu karya Koes Plus di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).
Foto: Republika/ Umi Nur Fadhilah
T-Koes Band menggelar jumpa pers merespon video pelarangan untuk membawakan lagu-lagu karya Koes Plus di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota T'Koes Band menyatakan kesedihannya terhadap larangan untuk menyanyikan lagu-lagu Koes Plus. Menurut salah satu personel T'Koes, Ghalifa Albaladi Marzall, selama ini mereka berusaha memperkenalkan lagu-lagu Koes Plus kepada anak muda. 

"Sedih ya, karena kami lagi asyik-asyiknya memperkenalkan lagu-lagu ini ke anak-anak muda juga,” kata Ghalifa dalam jumpa pers "T'Koes, Antara Lagu Cover & Karya Sendiri" di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

T’Koes sering tampil di sekolah-sekolah untuk memperkenalkan lagu-lagu tersebut kepada anak-anak muda. Meskipun sering mendapat pandangan negatif, mereka merasa senang bisa membawakan kembali lagu-lagu lawas tersebut, dan membangkitkan kembali semangat lagu-lagu legendaris itu di kalangan generasi muda.

“Sebagai kami anak muda, kami senang bisa membawakan lagu-lagu ini kembali, dan bisa menghidupkan lagu ini kembali,” ujar Ghalifa.

 

Hal serupa disampaikan personel lainnya, Jim Marzall. Dia measa sedih terkait pelarangan ini. Mereka berupaya melestarikan karya-karya band legendaris Indonesia itu selama 16 tahun.

Pelarangan ini tentu menjadi tantangan. Namun, mereka tetap berkomitmen untuk menaati dan menghormati setiap proses yang berlaku.

“Tapi kalau ada pelarangan ini, tetap kami menati, menghormati, menghargai, setiap prosesnya, dan saya juga satu pintu dari kuasa hukum kita,” kata Jim.

Seperti diberitakan sebelumnya, keluarga besar dari grup musik legendaris Indonesia, Koes Plus, melarang band tribute T'Koes untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus. Pihak keluarga Koes Plus menyampaikan larangan itu pada pekan lalu, tepatnya pada Jumat, 22 September 2023. 

Keluarga besar Koes Plus terdiri atas David Koeswoyo mewakili keluarga Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili keluarga Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, serta Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo.

Perwakilan keluarga Koes Plus mengunggah video yang berisi pernyataan bersama, yang kemudian dibagikan lewat akun Instagram @official.sarikoeswoyo. "Menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini, keluarga besar Koes Plus melarang dan tidak memberikan izin kepada band T'Koes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus," demikian bunyi pernyataan bersama tersebut.

Disampaikan pula bahwa pelarangan yang dimaksud termasuk segala sesuatu yang terkait dalam kegiatan bermusik dan/atau dalam bentuk apa pun, baik komersial maupun non-komersial. "Kami tidak tebang pilih. Hal ini kami lakukan agar menjadi pembelajaran untuk kita semua, serta khususnya band-band pelestari di mana pun berada di seluruh Indonesia," kata Sari.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement